Kampung Buricak Burinong Untuk Wisata

0
SUMEDANG-Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menyambut baik wacana pembangunan Kampung Buricak Burinong di Dusun Cisema, Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja yang akan disulap menjadi destinasi wisata selfie kelas dunia. Penamaan Kampung Buricak Burinong sendiri diprakarsai oleh Paguyuban Motekar beserta Garuda Institute, coretan Sumedang, inimah Sumedang serta pihak terkait lainnya.
“Saya merasa bangga, karena anak-anak muda Sumedang memiliki pemikiran untuk memajukan Sumedang,”. Hal tersebut diungkapkan Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan pada kesempatan ekspose kampung Buricak Burinong dari mantan Kadisbudpora yang sekarang menjadi Kabiro di Kementerian PAN-RB serta beberapa anggota gabungan beberapa Paguyuban di Sumedang di Gedung Negara.
Dikatakan Bupati Eka, wacana tentang Kampung Buricak Burinong harus sesegera mungkin direalisasikan. Menurut Eka, terealisasinya Kampung Buricak Burinong di Sumedang akan menjadi magnet wisata yang dapat menggeliatkan sektor ekonomi di Sumedang.
‘’Jika Kampung Buricak Burinong sudah terwujud, otomatis akan menarik  wisatawan untuk berkunjung dan berselfie disana. Mudah-mudahan, Sumedang bisa berkompetisi dengan daerah-daerah lain,”imbuh Bupati.
Dalam paparannya Herman menjelaskan, Kampung Buricak Burinong diciptakan untuk mengikuti trend dunia seperti berselfie,wisata backpaker, serta wisata alam dan budaya. Menurut Herman, sudah beroperasinya Bendungan Jatigede, serta keberadaan jalan tol Cisumdawu, dan Bandara Kertajati dinilai akan menjadikan Sumedang sebagai Kota yang dijadikan pilihan masyarakat untuk berpariwisata.
Dikatakan Herman, pada bulan Agustus yang akan datang, penggarapan Kampung Buricak Burinong akan dilaksanakan. Menurutnya, bahan cat yang sudah terkumpul sebanyak 500kg yang pihak penyelenggara dapatkan dari sumbangan putra daerah dan juga swadaya warga setempat akan digunakan untuk memoles rumah penduduk termasuk fasilitas umum lainnya. “Dengan sentuhan warna-warni, kami akan mengecat perkampungan penduduk Desa Cisema yang terdiri dari dua RT , kantor desa Pakualam, serta badan jalanpun akan kami cat sedemikian rupa. Selain itu, kami juga akan melaksanakan penanaman bunga dan sayuran hijau, pembuatan instalasi dari barang bekas serta membangun tempat strategis untuk berselfie ria”paparnya.
‘’Langkah yang sudah kami laksanakan untuk pembangunan Kampung Buricak Burinong adalah konsolidasi masyarakat, perencanaan dan juga pemetaan, melakukan koordinasi dengan putra daerah, serta lelang cat,”pungkas Herman.
Posting Komentar