Karawang Garap Operasi Yustisi Pendatang Baru

0
Karawang –PEKA_.Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) akan melakukan operasi yustisi bagi pendatang ke Karawang. Hal ini guna mengetahui tingkat kepadatan penduduk di Karawang."Kita akan melakukan operasi Yustisi di Terminal-terminal yang ada di Karawang," ujar Kadisdukcapil, Yudi Yudiawan, (3/7).

Foto perlintasan rel kereta api di pusat Kota Karawang
Sebelumnya, pendatang di prediksi sebanyak 30 ribu dari luar Kabupaten Karawang mulai menyerbu Kota Pangkal Perjuangan. Usai lebaran urban yang masuk ke Karawang kian membludak. Diantaranya pendatang ini ke Karawang untuk mencari pekerjaan yang kebanyakan menacari kerja disektor industri. Pemkab Karawang akan melakukan operasi yustisi untuk menertibkan para pendatang ini.

“Tahun 2016 lalu kita mencatat ada 30 ribu pendatang yang tinggal di Karawang. Tahun ini hingga bulan Juni kami mencatat sudah 7000 pendatang dan biasanya akan lebih banyak lagi setelah lebaran. Kami sudah mengantisipasi hal ini dan akan segera melakukan operasi Yustisi kepada para pendatang,” katanya.

Menurut Yudi, Karawang sebagai kota industri telah menjadi magnet bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Masyarakat dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur paling tercatat paling banyak datang ke Karawang. Namun dalam perkemabangannya warga Jakarta, Tanggerang, Bogor dan Bekasi juga mulai banyak masuk ke Karawang.

“Hampir semua kota yang ada di pulau jawa mulai berdatangan ke Karawang. Kita tidak bisa melarang mereka untuk tinggal dan mencari pekerjaan, namun dokumen kependudukan harus lengkap untuk menjadi warga Karawang,” katanya.

Yudi mengingatkan agar warga pendatang yang ingin mengadu nasib di Karawang harus memiliki keahlian agar bisa bekerja. Tanpa keahlian yang dimiliki akan sulit mendapat pekerjaan di Karawang. Hal ini justru akan menjadi beban bagi daerah karena menambah angka pengangguran. “Harus dipersiapkan dengan matang mau bekerja di sektor apa dan apakah memiliki keahlian atau tidak jangan modal nekat aja,” pungkasnya.

Penulis:Oca.

Posting Komentar