Karawang tetap Menjaga Olahraga Tradional,Ini Buktinya - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Rabu, 19 Juli 2017

Karawang tetap Menjaga Olahraga Tradional,Ini Buktinya

KARAWANG-.Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, meminta semua sekolah mengajarkan olahraga tradisional kepada para siswa. Hal itu dilakukan untuk melestarikan kebudayaan sunda yang saat ini sudah bergeser karena perkembangan teknologi.
“Semua sekolah diharapkan bisa mengajarkan olahraga tradisional kepada siswanya, agar permainan sunda itu tetap bisa dilestarikan,” ujar Kadisdikpora Karawang, Dadan Sugardan saat membuka acara invitasi olahraga tingkat kabupaten Karawang, Rabu (19/7)
Dikatakan Dadan, kegiatan invitasi olahraga tradisional ini agar bisa lebih eksis, sebab saat ini mulai tergeser oleh permainan modern.
“Kegiatan ini juga untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” katanya.
Dijelaskan, kegiatan ini untuk memelihara dan mewariskan permainan olahraga tradisional sebagai bagian dari budaya bangsa. Sebab banyak sekali warisan budaya berupa permainan olahraga tradisional yang sangat beragam.
“Permainan tersebut juga sarat dengan ajaran-ajaran luhur seperti menempa kesabaran dan keterampilan serta mengajarkan kita akan pentingnya kerjasama untuk meraih dan mewujudkan sesuatu,” tuturnya.
Menurutnya, invitasi olahraga ini adalah komitmen dari Disdikpora Karawang untuk terus meletarikan olahraga traditional, kepada anak-anak yang hadir pada saat ini juga diharapkan dapat menyenangi olahraga traditional ini, karena ini merupakan kewajiban bersama untuk melestarikan budaya.
“Kami juga berharap prestasi bisa diraih dari tingkat kabupaten ini perlu ditingkatkan hingga ditingkat provinsi maupun nasional,” katanya.
Oleh sebab itu, lanjutnya, pihaknya berharap agar peserta yang mengikuti kegiatan ini untuk dapat menunjukan kemampuan yang terbaik dan berprestasi maksimal dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas dan semangat persaudaraan.
“Ada 4 macam invitasi olahraga yang dilombakan yakni hadang atau galah, gadongan, engrang yang menggunakan bambu, dan taropah panjang, serta 1 nomor seleksi yaitu sumpit,” tuturnya.
Dikatakan juga, untuk jumlah peserta terdiri dari 600 atlet dari 30 UPTD Pendidikan Kecamatan, hadir pula Kepala UPTD Paud SD Se- Karawang sebagai official untuk membawa atlet dari pelajar di masing masing daerahnya. 

Penulis :Oca
Editor : Farida
Posting Komentar