Kartu Yatim Piatu di Karawang Dibagikan,Peranak 140 Ribu Perbulan - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Selasa, 25 Juli 2017

Kartu Yatim Piatu di Karawang Dibagikan,Peranak 140 Ribu Perbulan


Karawang,-Kartu Sejahtera (KS) untuk anak-anak yatim sudah diturunkan Pemkab Karawang Sepekan terakhir. Kartu dengan latar belakang putih hijau tersebut bakal menjadi data utama pemberian santunan Rp 140 ribu perbulannya bagi Yatim dibawah usia 15 tahun.

Pendamping Yatim Desa Muktijaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Zaenal mengatakan, anak-anak yatim desa sudah bisa memiliki Kartu Sejahtera (KS) yang diluncurkan Pemkab. Program ini baru berjalan tahun ini, dimana anak-anak yatim kurang mampu dibawah usia 15 tahun akan disantuni Rp 140 ribu perbulannya melalui kantor Pos setiap 6 bulan sekali. Kalau ada anak usia diatas 15 tahun lebih kemudian masih menggunakan KS, bisa di cabut kartunya, sebab ditahun ini masih banyak anak-anak yatim desa yang belum tercover oleh Kartu Program Pemkab tersebut.

Dalam satu desa misalnya, meskipun Muktijaya memiliki anak yatim 40 orang hasil penyisiran, namun dibatasi 10 saja perdesa untuk tahun ini yang akan menerima KS, baru ditahun berikutnya diajukan ulang dengan harapan jumlahnya diperbanyak dan nominalnya juga diperbesar." Satu Desa dijatah 10 yatim dulu yang dapat KS ini, tahun depan diajukan lagi dan semoga terus bisa dicover penambahannya," Katanya.

Zenal menambahkan, atas program luncuran KS, tentu saja ini sangat membantu anak-anak yatim dalam menyambung hidup meskipun tanpa orangtua, tugasnya sebagai pendamping adalah memastikan uang yang ditransfer melalui rekening dan didistribusikan via Pos ini nanti dibelanjakan sesuai kebutuhan, seperti keperluan sekolah, mengaji dan lainnya. Untuk itu, 120 yatim dari 12 Desa di Cilamaya Kulon yang akan menerima KS ini kiranya menjadi solusi bagi anak yatim mendapat santunan langsung dari APBD Kabupaten. Meskipun masih dibatasi kuota tahun ini, besar harapan ditahun depan, semua anak-anak yatim di setiap Desa sudah tercover kartu KS yang baru hadir di Karawang ini." Sudah haknya anak yatim, walaupun tahun ini dijatah, tahun depan semoga bisa lebih banyak lagi yang di cover KS ini," Harapnya.

Dede Suhanto, Kasie Kesos Cilamaya Kulon mengatakan, Kartu Sejahtera (KS) ini sangat dirasakan manfaatnya bagi anak-anak yatim di desa. Pihaknya mendukung upaya Pemkab dalam merapihkan santunan anak yatim melalui data dan kartu kepemilikannya. Dengan melibatkan Pemerintah desa yang tahu data-data dan kondisi anak yatim dilapangan, syarat pengajuannya juga mudah diakses walau hanya dengan melampirkan KK dan KTP keluarga yatim, jika perlu tambahan juga bisa dilampirkan SKTM, KKS dan keterangan lainnya. Saat ini sambung Dede, anak Yatim di Cilamaya Kulon baru 120 orang yang dicover Kartu Sejahtera (KS) Pemkab ini, karena masing-masing desa baru dijatah 10 yatim, tapi kedepan, penyisiran dan ajuan masih akan terus berkelanjutan. Besar harapan memang, baik nominal Rp 140 ribu perbulan bisa bertambah ditahun depan, termasuk kuotanya." Jelas sangat membantu, bahkan dibanding PKH, nominalnya lebih besar ini buat anak yatim mah," Pungkasnya.

Penulis : Ruri
Editor : Farida
Posting Komentar