Subhanallah ..Sawah di Karangligar Jadi Rawa - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Sabtu, 08 Juli 2017

Subhanallah ..Sawah di Karangligar Jadi Rawa

KARAWANG.–Ratusan hektar sawah di Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat dan Desa Suka Makmur Kecamatan Telukjambe Timur telah berubah menjadi rawa-rawa.

Berubahnya lahan sawah ini diduga karena selalu kebanjiran dalam waktu yang lama saat terjadi hujan.

“Memang aneh, sejak sepuluh tahun ini,sawah didesa kami menjadi genangan air abadi. Sepertinya tanahnya amblas, sehingga air tidak bisa mengali ke tempat lain,” ujar salah seorang warga Desa Karangligar, Asep Saepulloh.

Menurut Asep, saluran irigasi yang menuju ke Desa Parungsari pun sepertinya mengalami amblas di desanya, sehingga air tidak dapat mengalir ke arah hilir. “Sawah di desa kami, saat ini menyerupai cekungan, sehingga genangan air terjebak di cekungan itu,” katanya.

Menanggapu hal itu, anggota Dewan Perwakilan Rakat Daerah (DPRD) Karawang yang juga pengurus HKTI setempat, Indriyani menyebutkan, pihaknya tengah mengupayakan pemasangan pipa air sepanjang 2,5 Km menuju ke Desa Parungsari.

“Pompanisasi di areal sawah di Parungsari sudah terpasang dua titik. Ke depan harus ada penambahan, walaupun biayanya memang mahal. Tapi tidak ada solusi lain, selama PJT II yang punya kewenangan atas saluran sekunder tersebut berdiam diri,” katanya.

Menurut Indri, kelangsungan perekonomian para petani harus diselamatkan. Mereka tidak boleh frustasi saat sawahnya tidak bisa digarap. Oleh karena itu Indri meminta agar pemerintah segera mencari solusi yang tepat untuk membantu petani. “Pada saat seperti ini pemerintah harus hadir ditengah petani. Mereka sangat membutuhkan bantuan pemerintah,” pungkasnya.

Penulis:OCA.

Posting Komentar