Tanjung Pasir Cilamaya Jebol Lagi

0

Karawang-. Selain tanggul kali bawah di Tanjungpasir Desa Cikalong Kecamatan Cilamaya Wetan sempat jebol setahun lalu, giliran saluran cacing buatan di lokasi itu ikut jebol seminggu terakhir.Untuk memperlancar masuknya air ke Desa Muarabaru,Muaralama,Cilamaya,Mekarmaya, Sukatani dan Rawagempol Wetan, petani dari 7 Desa gorol beresi tanggul dan membersihkan ganggang yang membuat lambatnya air masuk.
Petani setempat, Dartam (39), tanggul ini dibuat sementara dan salurannya, karena saluran utamanya sempat terseret longsor Kali Bawah setahun lalu. Jebol dan tidak, saluran ini saat digelontorkan air selalu luber ke sawah disekitarnya , untuk itu ia berharap aliran air bisa kembali normal di irigasi yang biasa, hanya saja saat ini sedang dalam perbaikan, semoga saja rampung dan normal lagi." Jebol sedikit beberapa hari terakhir, irigasi yang normalnya sedang diperbaiki," Ungkapnya.

," Iya katanya sih jebol, tapi gak banyak langsung diperbaiki bareng-bareng," Kata Kades Cikalong H Lili Hermanto.

Kades Rawagempol Wetan H Udin Abdul Gani yang ikut serta dalam kegiatan gorol tersebut mengatakan,  area pesawahan 7 desa akan terganggu jika tanggul jebol lebih lama, disamping saluran cacing buatan di Tanjungpasir tersebut juga banyak ganggang yang menghambat masuknya air lebih lancar. Karenanya, bersama Camat, Anggota Koramil dan petani 7 desa laksanakan giat gorol untuk memberesiya dengan perkakas yang diintruksikan seperti pedang, cangkul dan lainnya." Iya kita beresi yang jebol dan sampahnya, biar air masuk ke 7 Desa ini lancar," Ungkapnya.

Lebih jauh Udin menambahkan, gorol ini biasa dilakukan setiap sebulan sekali di desa masing-masing, namun karena ada yang jebol dan demi kepentingan pesawahan di golongan 4 dan 5 ini, tanjungpasir harus diberesi bersama, untuknya, minimal satu Kades kirimkan 10 petani untuk kegiatan ini. Jauh dari itu, Pihak Desa juga menaruh harapan besar agar pembangunan irigasi yang tengah di cor pihak PJT II di Tanjung Pasir bisa segera rampung dan kokoh, sehingga aliran air akibat jebolnya tanggul Kali Bawah kembali normal saluran airnya, sebab disaluran air sementara yang jebol ini saat luber, area pesawahan setempatnya ini acapkali kebanjiran dan kelebihan air," Ini kan saluran cacing sementara, yang normalnya lagi dibangun PJT, semoga cepat rampung dan memerbaiki saluran air lebih baik lagi," Ungkapnya.

Penulis : Ruri

Editor : Farida
Posting Komentar