Karawang.- Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya menegaskan tidak boleh ada perpeloncoan pada saat masa pengenalan lingkungan sekolah untuk siswa baru (masa orientasi siswa baru) siswa SMA/SMK Tahun Ajaran 2017/2018.(16/7).

"Tentunya harus dicatat bahwa tidak boleh ada perpeloncoan saat MOS atau orientasi siswa baru nanti, ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang PLS atau Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk Siswa Baru," kata Abdul Hadi Wijaya, ketika dihubungi melalui telepon, Minggu.

Menurut dia, seluruh sekolah harus mengubah pola pikirnya saat hendak melaksanakan PLS untuk siswa baru yakni kegiatan tersebut dipastikan tanpa ada perpeloncoan, apalagi sampai ada kekerasan.

"Intinya harus ada mindset baru tentang masa PLS untuk siswa baru karena ini bukan sekedar ajang adu keren, atau adu kekuatan antara siswa senior dengan siswa junior, apalagi dengan pola perpeloncoan," kata dia.

Masa PLS untuk siswa baru, menurut dia, harus dijadikan ajang untuk mengenali potensi diri siswa baru dan membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

"Masa PLS juga harus dijadikan ajang oleh sekolah untuk menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, bukan malah menjadi ajang balas dendam siswa senior kepada junior. Intinya tolak segala bentuk perpeloncoan," kata dia.

Politisi dari Fraksi PKS DPRD Jawa Barat ini mengatakan jika saat masa PLS untuk siswa baru tersebut masih ditemukan praktik perpeloncoan maka ia mengimbau agar siswa dan orang tua siswa melaporkan kejadian tersebut kepada dinas pendidikan hingga media massa.

"Laporkan ke semua penegak hukum, kalau ada ketakutan sampaikan ke media massa. Saya berharap media massa bisa memberikan informasi jika menerima laporan atau berita tentang perpeloncoan saat masa PLS," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan Komisi V DPRD Jawa Barat yang membidangi masalah pendidikan akan melakukan pengawasan langsung selama masa PLS untuk siswa baru berlangsung.

Sumber :Antara