Wow ..Ada 30 Helikopter di Ciparagejaya Tempuran - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Minggu, 23 Juli 2017

Wow ..Ada 30 Helikopter di Ciparagejaya Tempuran


Karawang.- Memiliki lebih dari 30 unit jamban " Helikopter", belum termasuk yang di perahu, keasadaran sanitasi warga Ciparagejaya Kecamatan Tempuran disebut paling rendah. Atas dasar itu, Pihak Kesehatan Lingkungan (Kesling) UPTD Puskesmas Kecamatan Tempuran, sisir warga untuk sosialisasikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) guna menciptakan lingkungan yang sehat.
ilustrasi
Petugas Kesling UPTD Puskesmas Tempuran, Amirin Bukhori mengatakan, Sosialisasi STBM ini menyasar pada masyarakat yang masih Buang Air Besar (BAB) sembarangan, kebetulan di Ciparagejaya ini kasus tersebut tertinggi di Kecamatan Tempuran, sebab ada lebih 30 jamban "helikopter" belum termasuk di perahu terdata di desa ini. Karenanya, sebelum terjun langsung ke masyarakat dalam gelaran pemicuan SBTM, pihaknya bersama Pemerintahan Desa dan RT hingga linmasnya mensosialisasikan terlebih dahulu materi SBTM untuk difahami dan sama-sama memberdayakan masyarakat yang bersih lingkungannya, sebab, jika terus dibiasakan, ancaman penyakit bukan mustahil melanda masyarakat sekitar dari BAB sembarangan ini seperti Diare. " Kebetulan Ciparage ini tertinggi, makannya, kita sosialisasikan dulu SBTM ini, nanti senin kita gelar pemicuannya dilapangan," Ujarnya.
Diakui Amirin, sebagian masyarakat sejauh ini masih kurang sadar tentang kesehatan dan dampak yang bisa ditimbulkannya, karenanya, sosialisasi ini penting agar kiranya masyarakat bisa beralih ke sanitasi yang lebih bersih dan sehat." Masyarakat masih ada beberapa yang kurang sadari kesehatan, semoga saja setelah sosialisasi ini tergerak meningkatkan kesehatan lingkungannya," Tutupnya.

Penulis :Ruri
Editor : Farida
Posting Komentar