Iklan
Loading...

Akibat Sulit Air & Jatang Hujan,Ini Pilihan Lain Petani Karawang

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Senin, Agustus 7


Karawang.-Sebelumnya dikabarkan petani Karawang terhantui kesulitan air misal di Kecamatan Telagasari,Karawang akibat sulit nyamendapatkan air dan jarang hujan.(7/8).

Kali ini petani di Kecamatan Pangkalan lebih menanam tanaman kacang tanah pada musim kemarau ini karena areal sawah di daerah tersebut merupakan sawah tadah hujan.

"Menanam kacang tanah tidak perlu banyak air. Jadi lebih aman menanam kacang tanah pada musim kemarau seperti sekarang," kata Mamat, seorang petani di Kecamatan Pangkalan.

Hasil gambar untuk tanam kacang tanahIa mengatakan, jika areal sawah tadah hujan ditanami tanaman padi, itu akan merugikan. Karena itu, lebih baik menanam tanaman kacang yang tidak banyak butuh air, sekaligus menunggu musim hujan. 

"Jadi selingannya kita menanam kacang tanah, karena lebih tahan kekeringan," katanya. 

Dengan menanam tanaman kacang tanah, cukup memberikan penyiraman dua pekan sekali. Dengan perawatan sederhana, tanaman itu bisa dipanen hingga 85 sampai 90 hari ke depan. 

Ia memilih menanam tanaman kacang tanah karena sesuai dengan pengalaman, merugikan menanam tanaman padi di musim kemarau seperti saat ini. 

Pada musim kemarau tahun lalu, Mamat menyatakan banyak petani di daerahnya menanam tanaman padi. Tapi gagal tanam. 

Karena itulah pada tahun ini, dia memilih untuk tidak menanam tanaman padi pada musim kemarau. 

Editor : Farida

Previous
« Prev Post

Related Posts

Senin, Agustus 07, 2017

0 komentar: