Karawang-.Ade Sudiana Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten  saat ditemui di kantornya menyebutkan,untuk tahun 2017 jumlah bantuan total untuk desa di Karawang berasal pusat,provinsi dan kabupaten mencapai 505 milyaran lebih.Bantuan tersebut diterima oleh 297 Desa dengan jumlah berbeda,kata Ade,(8/8/2017).

Hasil gambar untuk uang miliaran dana desaAde menjelaskan,dari jumlah total 505 milyar itu sebanyak 255 milyar bersumber dana desa dengan rincian yang diterima berbeda dan diturunkan dua tahap yakni 60 persen untuk infrastruktur dan sisa 40 dengan macam peruntukan diantaranya buat tata kelola pemerintahan,Bumdes bersama dan Bumdes serta lainnya.

Ia mencontohkan Dana Desa terbesar didapatkan oleh Desa Rengasdengklok Selatan,Kecamatan Rengasdengklok,yang mencapai satu milyar lebih dan terendah diterima  Desa Ciptasari Kecamatan Pangkalan,dengan jumlah sekitar empat ratus jutaan.

Lebih jauh Ade menjelaskan pula,untuk 40 persen tahap dua Dana Desa setiap Desa diperuntukan  program unggulan berupa Bumdes dan Bumdes bersama sebesar 15 persen,lalu produk unggulan,pembuatan penampungan air dan sarana olahraga desa.Namun untuk pembuatan embung atau penampungan air khusus di Karawang akan dijalankan tahun depan,jelas Kadis BPMPD Karawang .

Saat disinggung oleh adanya diduga ada enyalahgunaan Dana Desa & Bumdes di Karawang oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab.

Kami dengan berkembangnya isu  yang  ada segera mensikpainya dan menindaklanjutinya,pihak BPMPD Kabupaten Karawang akan mengundang semua pengurus Bumdes yang berasal dari 297 Desa,jawab Ade Sudiana.

Rencana undangan tersebut sebenarnya sudah lama diprogramkan,ungkapnya,namun sekarang agendanya disegerakan yakni tanggal 15 Agustus mendatang,tambah Ade.

Masih kata Ade,nanti pada saat pelaksanaan acara pihak BPMPD Kabupaten Karawang akan meminta susunan kepengurusan secara lengkap dan SK Bumdesnya Perdesa,selain akan dipertanyakan aktivitas Bumdes selama ini.Karena Bumdes sendiri ada bukan hanya atau teroreintasi simpan-pinjam belaka,tegasnya.

Editor : Farida