Gedung KNPI akan Dijadikan Tempat Rumah Aman Anak

0
KARAWANG.- Pemerintah Kabupaten Karawang berencana merubah fungsi Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Karawang, menjadi rumah aman bagi anak-anak korban kekerasan dan pelecehan seksual.
 
Pernyataan itu disampaikan oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadina. Hal itu karena mendesaknya kebutuhan untuk penyediaan rumah aman bagi anak di Kabupaten Karawang, ia akan mengambil kebijakan merubah aset milik pemkab yang saat ini digunakan oleh KNPI untuk keperluan tersebut.

"Kita akan membuat rumah aman bagi anak, juga tempat konsultasi untuk perempuan dan akan kita buat taman bermain untuk mewujudkan kota layak anak," katanya.

Menurutnya, tempat tersebut akan diisi oleh Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak. Dimana setiap perempuan dan anak yang menjadi korban, akan direhabilitasi psikologisnya di tempat tersebut.

"Jadi nanti jika ada kejadian di wilayah Kabupaten Karawang, langkah untuk pendampingannya terpusat di tempat itu. Satgas langsung turun ke bawah untuk membawa korban ke tempat itu, dan termasuk ibu-ibu atau remaja perempuan bisa konsultasi di sana," katanya.

Sementara Kantor DPD KNPI Karawang akan dipindahkan ke lokasi yang lebih strategis, mengingat kantor saat ini berada di wilayah pemukiman warga yang kerap diprotes jika melaksanakan kegiatan hingga larut malam.

"Itu kan posisinya di perumahan, jadi kadang ada yang protes juga kalau kegiatan sampai malam. Makanya kita pindahkan saja, kalau untuk rumah aman dan taman bermain sepertinya cocok," katanya.

"Kemungkinan untuk KNPI pindahnya ke sekitar wilayah dekat kantor Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), itu kan pusat kota dan banyak kantor-kantor juga di situ, lebih cocok kayanya," tambah Cellica.

Ia mentargetkan, di awal tahun 2018 program tersebut bisa terlaksana. Sebab, permasalahan kekerasan dan pelecehan terhadap anak dan perempuan saat ini sudah sangat memprihatinkan.

"Insya Allah awal tahun (2018, Red). Ketua KNPI sudah oke, kita juga terus komunikasi, kita bahas terus soal ini. Yang jelas jangan sampai kegiatan pemuda tidak tercover, dua-duanya harus bisa jalan dengan baik," katanya.

Sekretaris KNPI Karawang, Nurali, mengamini pernyataan tersebut. Kata dia, gedung KNPI rencana akan dialihkan ke dewan pendidikan dan rencana akan dibangun kembali.
“Kita minta gedung KNPI dibangun lagi, untuk kepentingan pemuda. Meski tempatnya di pindahkan tidak masalah, asalkan di bangun lagi gedung tersebut,” tandasnya.

Penulis : OCA
Editor : Farida
Posting Komentar