Ini Kemeriahan Karnaval Kemerdekaan Cilamaya - PELITA KARAWANG
Ini Kemeriahan Karnaval Kemerdekaan Cilamaya

Ini Kemeriahan Karnaval Kemerdekaan Cilamaya

Share This
Karawang, - Jika ingin lengkap menyaksikan pesta rakyat kemerdekaan, Cilamaya Wetan bisa menjadi destinasinya. Pasalnya, sejumlah miniatur perjuangan dan kearifan lokalnya mewakiki karakter yang dibuat masyarakatnya. Bahkan, setelah upacara kemrdekaan rampung digelar, arak- arakan miniatur dan masyarakat yang sudah berdandan beragam katakter langsung digelar keliling antar desa.

Salah seorang peserta karnaval, Ruswan mengatakan, setiap tahun para pemuda ambil bagian memeriahkan HUT Rpemud , baik hasil ngencleng di jalan maupun pelaku seni yang keliling rumah - rumah warga, hasilnya dibuatkan beragam miniatur seperti tank, binatang - binatang, hingga dandanan ala kearifan lokal, baik pakaian adat, kesukua , siluman, tuyul, nenek lampir, dukun, kiai, tentara, hingga bencong. Semua itu sebutnya, adalah bagian hiburan untuk maayarakat oleh masyarakat, disamping sebelum pemberangkatannya, ada refleksi , orasi dan puisi dari para pemuda Cilamaya dari berbagai desa." Ya mengisi kemerdekaan saja, semata hiburan untuk warga ," ujarnya.

Kades Tegalwaru, Aruji Atmaja mengatakan, sehari sebelum HUT RI digelar, di desanya dilakukan beragam kegiatan lomba, termasuk jalan santai dan doorprise nya, bahkan arak- arakan dengan miniatur binatang yang dibuat seperti gajah, harimau , kuda dan burung siap ditunggangi para perangkat desa. Dibuatkannya acara meriah tersebut hanyalah hiburan rakyat, diharapkan juga bisa memperkuat silaturahmi baik antara pegawai desa dengan masyarakatnya," kita ingin hibur masyarakat bersama, dua hari berturut- turut kita lakukan kegiatannya," ungkapnya. 

Camat Cilamaya Wetan, Drs H Hamdani mengatakan, pesta rakyat ini setiap tahun digelar, betapapun tanpa komando pemerintah, masyarakat kompak menunjukan nasio alismenya di HUT RI, bahkan semakin meriah. Itu semua, sebut Camat, membuat semuanya senang di haru kemerdekaan," tanpa arahan juga masyarakat di Cilamaya wetan ini kompak setiap HUT RI mah, habis upacara, puluhan miniatur dan masyarakat sudah jejali kantor kecamatan, " ungkapnya.
Posting Komentar
bkd