KARAWANG PRODUSEN GABAH TERBESAR KE 2 JABAR

0
Pewarta: Ruri

Karawang,.Memiliki luas lahan sawah 97 ribuan hektare, Karawang masih menjadi kontributor produksi gabah terbesar ke 2 di Jawa Barat setelah Indramayu. Dengan target produksi lebih dari 1,2 juta ton GKP ditahun 2017, Karawang masih bertengger kuat diatas Subang,  Tasikmalaya dan Garut.
Hal itu diungkapkan perwakilan Kepala Dinas Pangan Provinsi Jawa Barat Unef Supriadi disela- sela pencanangan panen raya di Dusun Sindangkarya Desa Lemahabang Kamis ,24/8. 

Menurutnya, Jawa Barat tahun ini memiliki target produksi gabah sebesar 12,6 juta ton dari total luas lahan 2,4 juta hektar, terhitung sampai Juli ini baru didapatk produkai keseluruhan sebanyan 7,5 juta ton GKP, diharapkan sebut Unef, pada Akhir Agustus ini sudah mencapai angka 9 jutaan, sehingga terhitung September-Desember itu siaanya 2,5 juta ton produksi padi dan target 12,6 juta ton di Jawa Barat ini bisa tercapai.

Disinggung kontribusi terbesar penyuplai padi di Jawa Barat, Unef merinci masih di kuasai Kabupaten Indramayu dan Karawang ini terbesar kedua, disusul Subang, Tasikmalaya dan Garut. Sementara untuk tanam sambung Unef, sampai saat ini, sawah- sawah di Jawa Barat, baru tanam lagi sekitar 1,9 juta hektare, sisanya ditarget sudah tanam kembali diluas hamparan sawah 2,4 juta hektare tersebut sampai Oktober nanti, sebab, masih menyisakan sekitar 8 persen lagi, di harapkan,Karawang bisa penuhi target,baik panen maupun tanamnya agar bisa serempak,agar memudahkan pendataan. " Karawang penyumbang Gabah terbanyak ke 2 Jawa Barat setelah Indramayu," ujarnya.
 
Lebih jauh Unef menambahkan, selain padi, para petani padi juga disarankan untuk lebih giat menanam palawija seperti kedelai dan jagung, karena serapan biji kering dari yang ditargetkan masih jauh, sehingga perlu banyak pendampingan. Pemerintah sambungnya, sediakan tunai yang ditransfer ke rekening petani untuk membeli benih- benih kedelai dari wilayah masing- masing untuk ditanam, itu perlu untuk memenuhi target di Jawa Barat." kedelai dan jagung juga ditarget, namun serapannya masih rendah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Karawang, Hanafi Chaniago mengungkapkan target tanam dan target produksi padi di karawang diakuinya cukup tinggi, bahkan tanamnya juga harus dilahan seluas 120 ribu hektar, sementara Karawang hanya memiliki lahan 97 ribuan hektar saja, tapi demi target produksi ada beberapa sawah di Karawang yang tanam dan panen 3 kali dalam setahun, sehingga sampai saat inj, Karawang masih bertahan menempati posisi kedua di Jawabarat sebagai Kabupaten yang   menyuplai gabah kering terbesar setelah Indramayu setiap tahunnya, ini yang harus kita pertahankan." memenuhi target ya kita ada yabg tanam dan panen 3 kali dalam setahun," pungkasnya.

Editor: Farida
Posting Komentar