KARAWANG.- Bupati Kabupaten Karawang, dr Cellica Nurrachadiana menghadiri upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)  ke 99 Tahun 2017 di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Rabu, (2/8).
 
Dalam acara ini Kepala Staf Komando Daerah Militer (KASDAM) III Siliwangi memimpin langsung jalannya acara sebagai inspektur upacara. Turut juga dihadiri jajaran Forkopimda Karawang, para Kepala Perangkat Daerah (PD),  Camat se-Kabupaten Karawang, serta para tamu undangan.

Dalam sambutannya, KASDAM III Siliwangi menyampaikan beberapa pokok pikiran yang berkenaan dengan kegiatan TMMD, kegiatan ini berdasarkan program kerja Panglima Komando Daerah Militer (PANGDAM) III Siliwangi Tahun 2017.

“TNI sebagai unsur kekuatan pembangunan nasional membulatkan tekad untuk menunaikan pengabdiannya bagi masyarakat,” katanya.

TNI Manunggal Membangun Desa yang telah dimulai sejak dicanangkan pada Tahun 1980 ini, pada hakekatnya merupakan bagian dari upaya peningkatan tarap hidup dan kesejahteraan rakyat.

“Melalui persatuan gerak pengelolaan pembangunan bermasyarakat bersama unsur TNI dengan rakyat. Tentunya dengan satu tujuan yaitu membantu masyarakat membangun desanya yang lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Pelaksanaa TMMD ini merupakan bukti kepedulian dari segenap unsur TNI dalam upaya memperteguh sikap dan tekad kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dalam kiprahnya selalu mengabdikan dirinya bagi kepentingan rakyat.

“Pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah selama ini telah banyak mengubah kehidupan masyarakat menuju perbaikan yang lebih baik. Perbaikan tersebut diukur dengan adanya peningkatan taraf pendidikan, derajat kesehatan, dan daya beli masyarakat,” kata dia lagi.

TMMD ini merupakan sasaran kegiatan fisik di Desa Mekarbuana dan kegiatan nonfisik adalah kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan pembinaan mental, pembinaan spiritual, atau perjuangan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat melalui penyuluhan penerangan dan pelatihan keterampilan oleh organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang.

“Program pengembangan desa ini merupakan program yang dilakukan lintas sektoral tentunya tujuannya adalah mempercepat penanggulangan kemiskinan terutama bagi desa yang menjadi lokasi TNI Manunggal Membangun Desa agar benar-benar dapat terwujud,” tambahnya.

Dalam upacara penutupan TMMD KASDAM III Siliwangi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, yaitu Camat, Kepala Desa dan kepada semua tokoh masyarakat dengan tidak mengurangi rasa hormat.

“Termasuk penanggung jawab operasional kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa beserta seluruh pihak yang terkait dengan kegiatan ini,” tandasnya.


Penulis : OCA
EDitor : Farida