Kemnaker Gelar Bursa Kerja Nasional Pada 25-26 Agustus 2017

0

KARAWANG-.-Kementerian Ketenagakerjaan kembali menggelar Pameran Kesempatan Kerja Nasional di Hall C2-C3 arena JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 25-26 Agustus 2017.

"Bursa Kerja Nasional ini dalam rangka memfasilitasi para pencari kerja untuk memperoleh informasi lowongan yang sesuai minat, bakat dan kemampuan serta membantu perusahaan untuk memperoleh tenaga kerja yang berkualitas, terampil dan profesional," kata Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Maruli Apul Hasoloan di Jakarta, Rabu.

Penyelenggaraan bursa kerja nasional tahun 2017 menyediakan sekitar 12.000 lowongan kerja dari 207 perusahaan. Jumlah itu meningkat pesat dibanding kegiatan serupa tahun 2016 yang hanya diikuti oleh sekitar 100 perusahaan.

Job Fair Nasional 2017 yang merupakan kerja sama Kemnaker dengan PT Jakarta International Expo (JIExpo) mengusung tema "Peningkatan Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja guna Memperluas Kesempatan Kerja". 

Maruli menjelaskan selama ini perusahaan sering mengalami kesulitan mencari sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sesuai kebutuhan perusahaan, padahal jumlah pencari kerja sangat banyak.

"Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah berkewajiban membantu mempertemukan kedua pihak yang saling membutuhkan tersebut, karena tenaga kerja yang terampil dan profesional merupakan kunci keberhasilan untuk menjalankan dunia usaha," tambah Maruli.

Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi pada bursa kerja tersebut berasal dari sektor-sektor usaha seperti retail, konstruksi, manufaktur, asuransi dan perbankan, minyak dan gas, media cetak dan elektronik, otomotif dan sektor lainnya.

Bursa Kerja tersebut akan digelar pada tanggal 25-26 Agustus 2017 dari pukul 08.00-16.00 WIB tanpa dipungut biaya dan pencari kerja dapat mengikuti seminar pembekalan serta motivasi dalam menghadapi tantangan memasuki dunia kerja.

"Untuk mempermudah para pencari kerja, pihak panitia memudahkan mekanisme pendaftaran dengan membuka pendaftaran secara online. Namun para pencari kerja juga dapat mendaftar secara langsung di lokasi," kata Maruli. 

Pendaftaran daring dapat dilakukan melalui laman http://e-bursakerja.kemnaker.go.id dan http://jiexpo.com/jobfair atau untuk mendapat informasi lebih lanjut dapat menghubungi "call center" 021-26645000.

Maruli menyebut jumlah pencari kerja per 23 Agustus 2017 pada pukul 14.55 WIB yang sudah mendaftar secara daring sebanyak 16.805 terdiri dari 8.373 pria dan 8.432 wanita dari bebagai latar belakang pendidikan, termasuk 75 orang pencari kerja disabilitas.
Posting Komentar