Bekasi .- Pengamat Properti dari Institut Studi Nusantara (ISN), Dr Ferol Warouw menyatakan Kota Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat merupakan sebuah ikon baru dunia properti nasional yang terinspirasi dari beberapa negara maju dunia Internasional.(22/8/2017).
Kota Meikarta Adalah Ikon Baru Dunia Properti

"Dalam hal ini adalah suatu keberanian dari Lippo Cikarang ditengah-tengah menurunnya bisnis properti di Indonesia maupun dunia Internasional," katanya di Cikarang, Minggu.
    
Menurut dia pembangunan Kota Meikarta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat merupakan bagian terpenting. 
   
Ini dikarenakan dalam konsep pembangunan properti atau pembentukan kota harus terintegrasi dengan 4.000 kawasan industri yang menanungi jutaan karyawannya.
    
Melihat kecenderungan tersebut tentunya akan dapat menaungi banyak tenaga kerja dan sebagai salah satu langkah dalam kemajuan suatu daerah yang hanya berskala Kabupaten.
    
Tentunya ini adalah perkembangan terbaik, dan pastinya selain membutuhkan ratusan ribu karyawan, tetapi akan lebih banyak perbaikan insfratruktur khususnya fasilitas umum maupun sosial.
    
Pasalnya dengan proyek pembangunan kota baru, pasti nilai yang diuntungkan oleh pemerintah daerah akan melimpah ruah.
    
"Ini akan dibuktikan dari pendapatan daerah setiap tahunnya. Diantaranya pajak penghasilan, bumi dan bangunan, kendaraan bermotor, dan tentunya masih banyak lagi," katanya.
    
Selain itu, pemerintah daerah tidak perlu melakukan pembangunan kembali, pasalnya sudah dilakukan oleh investor. Dan peran pemerintah daerah dalam kemajuan akan lebih dipandang.
    
Ia menambahkan dengan adanya pembangunan dari enam insfratruktur program pemerintah tentunya dapat menunjang perekonomian sebuah daerah.
    
Ini adalah salah satu peluang bisnis maju, dikarenakan pembangunan tersebut sudah terencana dengan baik dan dapat digunakan pada tahun 2020.
    
Dalam hal ini seharusnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi sudah mulai melakukan pemetaan agar masyarakat setempat dapat jauh lebih terakomodir.
    
Ini adalah bentuk kerja sama antara pemerintah daerah dengan investor. Pasalnya dengan adanya kerja sama tersebut dapat menunjang nilai investasi yang lebih baik dalam mewujudkan cita-cita bersama.
    
Sementara itu, CEO Lippo Group James Riady menjelaskan secara konsep pembangunan Kota Meikarta ini adalah salah satu daerah yang memiliki nilai investasi tinggi.
    
"Dimana, nantinya akan menjadi daerah sentral yang memiliki keunikan tersendiri dan hal yang terpenting adalah salah satu komoditi kota mandiri," katanya.
    
Dalam konsep itu sendiri, juga menyediakan taman dengan luas kurang lebih 100 hektare. Ini langsung terintegrasi dengan lapangan golf.
    
Selain itu, dalam pembentukannya akan jauh lebih indah pasalnya Lippo Cikarang menyediakan berbagai fasilitas umum maupun sosial.
    
Itu diantaranya supermarket, sekolah-sekolah, universitas, politeknik, rumah sakit, hingga pengembangan kuliner daerah yang menjadi tolak ukur dari promosi pariwisata daerah.
    
Dan dalam hal ini adalah salah satu bentuk upaya bersama dalam mewujudkan cita-cita guna mempersempit adanya pengangguran yang selama ini menjadi masalah utama.
    
Selain itu, dalam pembangunannya akan mengarah kepada sistem yang mengarahkan manusia menjadi lebih pintar dan memudahkan penggunanya.
    
"Ini adalah hal baru yang belum pernah ada yang menandingi dan nilai investasi ini tentunya akan lebih menjanjikan dimana segala peluang bisnis akan berkembang pesat," katanya. 

Sumber : Antara