KPU & Disdikpora Harus Berikan Pendidikan Politik Kepada Pilih Pemula - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Sabtu, 05 Agustus 2017

KPU & Disdikpora Harus Berikan Pendidikan Politik Kepada Pilih Pemula

BANDUNG-Proses Pilkada Serentak 2018 mendapat perhatian khusus di kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat. Mereka menghimbau Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat selaku penyelenggara Pilkada, untuk memberikan pendidikan politik bagi pemilih pemula.(5/8/2017).
Anggota Komisi V DPRD Propinsi Jawa Barat, Abdul Hadi mengatakan, hajatan demokrasi lima tahunan bagi masyarakat Jawa Barat ini perlu diawasi dengan baik. Salah satunya menjadi momen awal bagi pemilih pemula yang akan menggunakan hak pilihnya di perhelatan politik ini.
"Tentunya hal ini menjadi perhatian penting bagi kita semu terutama pendidikan politik bagi pemilih pemula,"katanya kepada wartawan di Bandung.
Politisi Partai Keadilan Sosial (PKS) ini mengungkapkan, KPU dan Dinas Pendidikan harus bekerja sama untuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula.
Selain itu, KPU dan Disdik harus menyamakan persepsi untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak agar tidak salah memandang politik.
"Yaitu menyamakan persepsi membuat proses yang sama jangan sampai anak-anak ini pemahamannya salah tentang politik," tuturnya.
Abudl Hadi menilai, pendidikan politik ini dianggap penting sehingga mampu mencegah terjadinya kampaye hitam yang ditujukan kepada pemilih pemula. KPU Jabar juga harus mensosialisasikanya ke berbagai sekolah.
Sehingga harus dapat dicegah, jangan sampai di masyarakat, anak-anak ini jadi agen-agen money politik.
"Kan bahaya, jangan sampai pemilih pemula terutama anak-anak sekolah SMA/SMK dijadikan agen politik untuk melakukan kampanye hitam,"pungkasnya.
Penulis : Uus Permana
Editor : Farida
Posting Komentar