Karawang. - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB dan Pemerintah Kabupaten Karawang terus bersinergi untuk meningkatkan sektor perekonomian di daerah ini.


"Bank BJB sebagai bank yang sudah menasional dan menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia senantiasa meningkatkan kinerja dan layanannya dengan bersinergi bersama para Stakeholder dan Shareholder, salah satunya Pemerintah Kabupaten Karawang," kata Senior Vice President Divisi Corporate Secretary Hakim Putratama, dalam siaran persnya, Jumat. 

Sebagaimana diketahui Pemkab Karawang merupakan salah satu pemegang saham sekaligus nasabah setia Bank BJB dan tentunya masyarakat di Karawang menjadi perhatian Bank BJB untuk terlibat dalam menggerakkan dan mendorong laju perekonomian di daerah.

Hakim mengatakan dalam hal pengembangan ekonomi kreatif dan kerakyatan, bank bjb ikut berperan aktif dalam memajukan ekonomi masyarakat Karawang melalui penyaluran penyaluran kredit kepada pelaku UMKM.

Menurut dia, sampai dengan saat ini bank bjb telah menyalurkan Kredit UMKM di Karawang sebesar Rp128 miliar kepada 1.091 pelaku usaha diberbagai segmen meliputi sektor pertanian, perternakan, industri pengolahan, transportasi, home industry, dan sektor-sektor lainnya dengan bunga yang ringan. 

"Dengan bergeraknya industri kreatif dan kerakyatan tersebut mendorong peningkatan penyerapan tenaga kerja, tercatat dari jumlah debitur bank bjb tersebut berhasil menyerap 2950 tenaga kerja di wilayah Kabupaten Karawang. 

Kemudian, lanjut dia, sebagai salah satu bank yang ditunjuk oleh Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia dalam mendukung program Pemerintah melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), selama 2017 bank bjb juga telah membiayai para pengusaha kecil di Karawang melalui program KUR yang jumlahnya mencapai Rp. 8,9 Miliar.

"Kegiatan yang dijalankan bank bjb pun tidak sebatas pada aktivitas bisnis semata, keberpihakan bank bjb kepada masyarakat ditunjukan dengan komitmen bank bjb dalam kegiatan tanggung jawab sosial yang dapat menumbuhkembangkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan disekitarnya," kata dia. 

Total dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah disalurkan oleh bank bjb sebesar Rp3,2 miliar dibeberapa sektor seperti Pendidikan, Kesehatan dan Lingkungan Hidup yang mejadi fokus utama tanggung jawab perusahaan sebagai mitra pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ikut mendorong program pemerintah dalam meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Lebih lanjut ia mengatakan Untuk mewujudkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan berkesinambungan, maka di dalam menjalankan roda perusahaan, bank bjb senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku sehingga implementasi Good Corporate Governance (GCG) dapat berjalan dengan baik. 

Kemudian bank bjb pun mendapatkan dukungan penuh dari Pemkab. Karawang dalam menjalankan proses bisnisnya selama ini.