Memasuki Peceklik Warga Karawang Diminta Waspada Copet

0
Karawang-.Kondisi ekonomi lemah dan morat-maritnya usaha yang dijalani bisa saja membuat orang berbuat nekat atau melakukan hal- hal tak terpuji apalagi mereka sudah menganggur dan sulit kerja ataupun bangkrut.Prilaku kriminal biasanya kerap kali menjadi pilihan terlahir oleh orang-orang seperti mereka yang terpepet ekonomi dan lemah imannya hingga berani menghalalkan segela cara,ungkap Permana pengamat sosial ,di Karawang.(19/8).

Bersikap waspada itu bagus sebelum terjadi tindakan kriminal oleh siapapun cuma jangan berlebih karena bisa -bisa salah sasaran dan ketersinggungan,tambahnya.

Selain memasuki masa pecelik di daerah lumbung padi juga jurang pemisah sosial ekonomi sangat tampak dan bisa menjadi pemicu lain.Makanya kehati-hatian bagi warga yang kaya atau bercukupan perlu ditingkatkan karena bisa dijarah oleh pelaku-pelaku kejahatan selain upaya lain adalah menghidupkan ronda malam pula,jelasnya.

Kenapa perlu kehati_hatian dalam mewaspadai peristiwa kriminal di lingkungan jelang peceklik,sambungnya, pertama untuk menghindari salah sasaran dan utama tidak setiap orang miskin yang kepepet lalu nyopet,karena tindakan kejahatan terjadi bilamana ada kesempatan dan pelaku sendiri sudah merencanakan sebelumnya juga yang bersangkutan bisa dinilai tak beriman kepada TuhanNya,ucap Permana.

Ia mencontohkan orang di OTT KPK,para pelaku yang sudah ditangkap,disel dan masih dalam proses penyidikan para pelakunya adalah orang-orang hartanya sulit dihitung dengan jari karena sudah milyaran bahkan trilunan dan itu fakta orang tak bersyukur alias kurang beriman,beber Permana.

Tindak kejahatan kerap pula dilakukan oleh para pelaku karena ditunjang oleh lemahnya sistem dan pengawaasan misal pungli-pungli diberbagai intasnsi pemerintah atau swasta.Maraknya praktek pungli atau korupsi di Karawang atau Indonesia secara umum akibat ada kesempatan, masih lemahnya sistem dan buruknya pengawasan oleh lembaga-lembaga berkapasitas melakukannya,ulas Permana.

Ia menegaskan ,waspada adalah perlu karena tergolong satu untuk menekan angka kejahatan dan menghidupkan ronda malam cara terbaiknya untuk menjaga lingkungan,namun jangan berlebihan mensikapinya untuk mewaspadinya karena bisa pula mengundang ketersinggungan kepada seseorang ,pungkas Permana.

Editor: Farida
Posting Komentar