Proyek Turap di Desa Kalidungjaya Karawang Ambruk,Ini Penyebabnya

0
Pewarta :Zul

KARAWANG-.Proyek turap sepanjang 450 M lebih di Desa Kalidungjaya,Kecamatan Cibuaya yang baru rampung dikerjakan pada 16 Agustus 2017 ambruk sepanjang 25 Meter. Ambruknya turap diduga akibat getaran excavator yang sedang melaksanakan proyek pengerukan di sungai Cilesung Desa Kalidungjaya.(25/8).

“Saya akan minta pertanggungjawaban kepada pemilik proyek pengerukan agar diperbaiki seperti semula, karena robohnya turap akibat adanya proyek pengerukan. Bisa saja baketnya membentur turap sehingga mengakibatkan ambruk,” ujar Daenk pelaksana proyek turap kepada wartawan

Sementara kata Enan (35) Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Kalidungjaya  yang berada dilokasi proyek. Ambruknya turap  bukan karena benturan baket excavator, Ia meyakini ambruknya turap akibat tidak tahan menahan beban tanah yang pinggirnya diisi oleh beko.

“Robonya turap  pada saat beko mengisi tanah dipinggirnya, yang pasti bukan karena benturan baket excavator, dan saya yakin pembangunan turap adukannya kurang semen, bisa kita bayangkan  jika bangunan kurang semen, jangankan kena beban, kena getaran saja bisa ambruk” kata Enan

Hal serupa dikatakan Karya Khaerul Anwar Tokoh Masyarakat Desa Kalidungjaya. Menurutnya, warga sempat datang kelokasi proyek turap pada saat dimulainya pekerjaan, mereka komplen kepada mandor dan pekerja agar pekerjaan tidak asal  berdiri, warga juga sempat minta kepada pekrja agar turap yang sudah berdiri untuk dibongkar karena pondasinya hanya 30 cm dan tidak diisi adukan semen.

Ditempat yang berbeda. Sinin Kepala Desa Kalidungjaya membenarkan jika proyek turap kurang semen, menurutnya, proyek turap dari awal sudah dikomplen warga karena pengerjaannya asal berdiri. Ia juga mengaku sempat melaporkan kepada Dudi dan pak Dwi selaku PPTK dan pengawas Dinas PUPR Kabupaten Karawang.

“Saya sudah ingatkan mandor dan pekerjanya pada saat dimulainya pekerjaan   agar semennya sesuai ukuran. Ya....sekurang-kurangnya 5 banding 1 antara semen dengan pasir, tapi yang saya perhatikan semennya  hanya 1 zak pasirnya 1 pick Up sehingga adukannya  masih sejenis pasir,” terang Sinin.

Atas peristiwa tersebut Kepala Desa Kalidungjaya langsung melaporkan kepada pengawas dan PPTK Dinas PUPR Kabupaten Karawang.

Editor: Farida

Posting Komentar