Selain Akreditasi ,BLUD Jadi Agenda Puskesmas di Karawang

0
Karawang.-Agenda UPTD Puskesmas nampaknya akan semakin padat jelang akhir tahun ini.Pasalnya,selain menyiapkan agenda akreditasi yang mulai digarap asesor Kementrian Kesehatan, juga wacana peralihan kewenangan Puskesmas menjadi Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD ) menjadi prioritas yang akan terealusasikan mulai Januari tahun depan.(29/8).

Kasubag TU UPTD Puskesmas Tempuran mengatakan, Puskeamas se Karawang  akan dijadikan BLUD di tahun depan, salah satu yang mulai akan beroperasi sampelnya adalah UPTD Puskesmas Kecamatan Tempuran.Memang ada beberapa kendala yang harus dihadapi ditengah keterbatasan yang ada,namun,karena Januari ini mulai berjalan, maka pihaknya memohon dukungan dan suport semua pihak untuk suksesi BLUD termasuk Akreditasi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat." BLUD itu wewenang pengelolaan menjadi domain Puskesmas secara kelembagaan, teknisnya nanti berjalan tahun depan di Tempuran," katanya.

Senada dikatakan Dokter Puskesmas Tempuran, Wahyu, selain BLUD, pihak Puskesmas juga akan digarap akreditasi, di internal  Puskesmas sudah dikerjakan persiapannya, namun masih ada yang perlu pembenahan di lapangannya, seperti surat menyurat yanf mungkin ada yang terlupa, karenanya, pihak Puskesmas meminta desa yang kurang bisa dilengkapi pemenuhannya, termasuk saran dan kritiknya atas layanan yang ada. Testimoni itu dilampirkan sebagai bahan untuk bagian dari Akreditasi. Sebab, ada dua hal yang menjadi ruh puskesmas, yaitu persoalan esensial dan pegembangan." dua hal yang prioritas di internak puskesmas, yaitu esensial dan pebgembangannya," ujarnya.

Wahyu menambahkan, jelang akreditasi dan BLUD, dirinya memibta dukungandan doanya agar senua agenda ini berjalan dengan lancar dan sukses," mohon doanya, semoga lancar dan sukses," pungkasnya.

Editor: Farida
Posting Komentar