Tiga Tuntutan PWI Karawang Untuk Kapolres Way Kanan

0
Pewarta:Oca

KARAWANG -  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karawang melakukan aksi unjukrasa atas penghinaan Kapolres Way Kanan, AKBP Budi Asrul Kurniawan terhadap dua wartawan di Lampung.
Aksi tersebut dipusatkan dibunderan mall Karawang, Kamis 31 Agustus 2017.


Ketua PWI Karawang, Oland PH Sibarani, mengatakan,  bernada hinaan yang dilakukan oleh Kapolres Way Kanan, AKBP Budi Asrul Kurniawan terhadap dua wartawan di Lampung, saat melakukan konfirmasi terkait penertiban massa pro dan kontra batu bara yang hampir terlibat chaos di Kampung Negeribaru, Blambanganumpu, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, Minggu (27/8).


 Dengan menyebut masyarakat lebih memilih menonton film dewasa (bokep) daripada membaca atau menonton berita. Merupakan sikap yang tidak terpuji dan sangat jauh dari nilai-nilai beretika dari seorang perwira polisi.

Selain itu, yang bersangkutan juga malah menantang untuk diserang oleh wartawan atas pernyataan yang dia buat. Padahal negara telah menjamin tugas seorang wartawan dalam melakukan tugas-tugas jurnalistik, sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Dimana seharusnya, AKBP Budi Asrul Kurniawan memahami aturan perundang-undangan tersebut sebelum melontarkan ucapan bernada hinaan terhadap wartawan.

Oleh sebab itu, pada hari ini, Kamis (31/8), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karawang menyatakan sikap:

1.  Mengutuk tindakan penghinaan terhadap wartawan oleh Kapolres Way Kanan, AKBP Budi Asrul Kurniawan.

2.  Mendesak Kapolres Way Kanan untuk meminta maaf secara resmi terhadap para wartawan di Lampung dan diseluruh Indonesia melalui media massa cetak maupun elektronik.

3. Mendesak Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk segera memcopot dan mengganti Kapolres Way Kanan.

Demikian penyataan sikap ini kami sampaikan, agar menjadi dasar Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk segera mengambil tindakan atas persoalan tersebut.

Editor:Farida
Posting Komentar