17 September ,Pesta Laut Serempak di 3 Kabupaten

0
Pewarta:Ruri

Karawang-.  Entah kebetulan atau ada dorongan mistis, Puncak pesta laut di Karawang yang akan di gelar Minggu 17 September, ternyata berbarengan pula dengan TPI lain dari Kabupaten Tetangga. Pasalnya, tanggal 17 dijadikan tanggal puncak yang sama untuk melarung kepala Kerbau ke Pusar laut Jawa. Seperti di Blanakan Kabupaten Subang dan Sarongsong Kabupaten Indramayu.


Anggota Sat Pol Air Karawang, Ipda Ade Priadi mengatakan, di Karawang akan di gelar pesta laut serempak, meskipun hanya di ikuti 4 Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ) dari total 12 yang ada, yaitu Ciparagejaya, Pasirputih, Cemarajaya dan Pakisjaya. Namun secara bersamaan, dirinya juga dapati kabar bahwa TPI Sarongsong Indramayu dan TPI Fajar di Blanakan Kabupaten Subang, akan larung laut pada tanggal yang sama yaitu 17 september, diluar dugaan yang biasanya pesta laut digelar masing - masing TPI dan sekarang serempak di Karawang, ternyata Subang dan Indramayu juga sama, walaupun tanpa komunikask dan koordinasi sebelumnya. Artinya, kemeriahan pesta laut ini bukan saja di Karawang, karena secara kebetulan, Subang dan Indramayu juga bersamaan ." Ternyata dua Kabupaten lain juga sama tanggalnya, entah lah, jadj serempaknya di 3 Kabupaten, " ujarnya.

Manajer TPI Pasirputih, Wariyono mengungkapkan, tidak ada komunikasi kaitan pelaksanaan pesta laut di Subang dan Indramayu, mungkin ada aroma mistis di luar nalar sehingga pesta tahun sekarang ini bisa serentak di 3 Kabupaten sekaligus. Namun, saat larung nanti akam terpisah- pisah pusar lautnya, Pasirputih akan bertemu Ciparagejaya, dan Cemara akan bertemh nelayan Pakisjaya. Ia berharap, larung peata laut tahun ini kembali lancar dan sukses." semoga lancar dan sukses, itu harapan kita semua," ujarnya.
Posting Komentar