Demi HUT Karawang, Angkutan Pelajar di Sulap jadi Leuit

0
Penulis : Ruri

Karawang.- HUT Karawang ke-384 Masehi tahun ini, wilayah IV yang terdiri dari Kecamatan Cilamaya Kulon, Cilamaya Wetan, Tempuran, Telagasari dan Lemahabang mewakilkan Kecamatan Lemahabang dalam festival karya miniatur yang akan di pamerkan dalam karnaval. Jika sebelumnya Cilamaya Wetan yang menghias miniatur perahu, giliran Lemahabang yang menyulap Mobil angkutan Pelajar jadi kumbung gabah atau akrab dengan istilah sunda " leuit " .

Kasie Trantib Kecamatan Lemahabang, Asep Vivar mengatakan, dapil IV kali ini di wakili oleh Lemahabang dalam hiasan karnaval HUT Karawang 384 ini. Pihaknya coba membuat kreasi dengan menjadikan angkutan pelajar menjadi kumbung gabah alias leuit, dimana diluarnya disulap dengan dinding bilik bambu dan dalamnya akan di isi gabah puluhan kilogram, disamping hasil - hasil bumi palawija dan holkikultura lainnya. Ini dimaksudkan untuk mengingakan kembali masa- masa kearifan lokal yang mulaj hilang saat inj, dimana leuit, sudah jarang ditemui lagi diberbagai daerah." ya kita sulap angkutan pelajar ini jadi kumbung gabah dan hasil bumi lainnya," ungkapnya. 

Bendahara Kecamatan Lemahabang, Dodi Hermanto mengatakan, pihaknya dorong pembuatan miniatur , replika dan kerajianan untuk suguhan karnaval nanti, kebetulan tahun ini, darj 6 Kecamatan, Lemahabang jadi wakilnya. Sehingga, pihaknya jor- joran menyusun kerajinan ini bersama tim lainnya di Kecamatan. Disinggung biaya, Dodi mengaku dalam membuat replika leuit ini, diperkirakan habiskan biaya jutaan rupiah. Namun demikian, untuk memeriahkan HUT kota ini, semua pihak gotong royong untuk suksesi wakil di tingkat Kabupaten tersebut. " habiskan dana jutaan, itu semua terbayarkan dengan hasil yang semoga memuaskan," pungkasnya.

Editor : Farida
Posting Komentar