Eceng Gondok Menumpuk Akibatnya Hambat Saluran Air

0
Karawang.- Eceng gondok dan ganggang berjejal di irigasi Tanjung Pasir Desa Cikalong Kecamatan Cilamaya Wetan. Selain menghambat air masuk ke areal pesawahan, juga mengancan tanaman tersebut berkembang cepat jika tidam dibersihkan.

Petani setempat, Casam ( 40) mengatakan, keberadaan tanaman yang subur di irigasi tersebut sudah nampak semingguan terakhir. Selain eceng gondok yang nampak banyak tersangkut sekitar 200 meteran, juga ganggang yang tak kalah banyak hingga menghambat saluran air. Akibatnya, di masa- masa pengolahan dan tanam ini, air yang masuk jadi sedikit, meskipun di hulu, pintu air sudah di buka normal. Karenanya, melihat banyaknya ganggang dan sampah ini, solusinya adalah gorol bersama para petani agar segera bisa dilancarkan , utamanya petani di wilayah hilir yang bisa jadk kekurangan air ." sudah ada semingguan mah, ya sulit di bersihkan, solusinya ya gorol," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Cilamaya Wetan, H Hamdani  mengatakan, pihaknya siap kembali kerahkan para petani di beberapa desa agar secepatnya menggelar kegiatan gorol masal, karena saat ini proyek BBWs sudah rampung di Tanjung Pasit, artinya, saluran air sudah tidak ada alasan tidak normal, karena semuanya sudah tergelontor setelah rakor bersama PJT II. Sehingga, kalau dilapangan masih ada petani mengeluhkan kekurangan air, maka harus di cek terlebih dahulu di lapangan, apakah salurannya ada yang rusak, atau terkendala ganggang. Maka solusi tepatnya sambung Camat, petani dan warga berikut perangkat desa jangan malas ikuti kegiatan gorolan," air sudah cukup, proyek juga sudah rampung, tinggal beresi eceng dan ganggangnya," pungkasnya.

Editor:Farida
Posting Komentar