Karawang,- Komentar kontroversial kembali terlontar dari mulut Iwan Setiawan. Pelatih Borneo FC ini mendoakan Tim Nasional (Timnas) Indonesia gagal di ajang Piala AFF U-18 yang diadakan di Yangon, Myanmar. Iwan juga menyebut Indonesia telah tertinggal jauh dari Vietnam.
Pelatih Kepala Borneo FC
Komentar dilontarkan Iwan ketika awak media bertanya tentang prediksi pertandingan Indonesia kontra Myanmar, Selasa (5/9) malam. "Saya doakan Timnas kalah karena saya ingin menggantikan Indra Sjafri," ucap eks pelatih Persija Jakarta tersebut.
Bukan hanya mendoakan Timnas kalah dari Myanmar, Iwan juga tidak yakin Rachmad 'Rian' Irianto dan kawan-kawan mampu melewati lawan-lawannya di Grup B dan menembus babak empat besar. "Saya tidak yakin Timnas lolos," sebutnya.
Iwan menambahkan bahwa Indonesia tergabung di grup yang berat. Selain harus bersaing dengan Myanmar sebagai tuan rumah, tim asuhan Indra Sjafri juga bertemu Vietnam. Sedangkan dua tim lainnya, yakni Filipina dan Brunei masih bisa diatasi oleh Timnas U-19.
Menurut Iwan, Vietnam adalah ancaman serius untuk Indonesia. "Saya baru pulang dari Vietnam. Ada beberapa hal yang menurut saya membuat Indonesia susah kalahkan Vietnam dalam hal kedisiplinan. Sepak bola penting sekali masalah disiplin," ulas Vietnam.
Iwan menambahkan bahwa pemain muda Vietnam memiliki mental yang jauh lebih bagus dari Indonesia. Bahkan Iwan tak ragu untuk menyebut bahwa Vietnam punya masa depan yang lebih hebat dibandingkan Timnas Indonesia.
"Apa yang perlu di sepak bola Indonesia? Kalau menurut saya adalah masalah mentality. Bagaimana disiplin, kerja keras, jiwa tidak mau kalah, itu yang kita kalah dari Vietnam. Itu yang bikin kita kalah dari Thailand juga," tutup pelatih asal Aceh tersebut.

Sumber : Jawapos