Karawang. - Masyarakat Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, kesulitan air bersih karena pada musim kemarau ini, mata air dan sungai-sungai di daerahnya yang biasa mereka gunakan, mengering. 

Sejumlah mata air di wilayah Karawang Selatan atau sekitar Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang,sudah mengering pada musim kemarau tahun 2017 ini. 

"Tidak hanya mata air, air sungai di daerah kami juga sudah mengering. Jadi masyarakat benar-benar kesuiltan air bersih," kata Camat Pangkalan Usep Supriatna di Karawang, Sabtu.

Ia mengatakan pada musim kemarau tahun 2017 ini terdapat delapan desa di sekitar Kecamatan Pangkalan yang kering. Warga di delapan desa itu kesulitan air bersih sejak beberapa pekan terakhir. 

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, pihak kecamatan sudah meminta pendistribusian air bersih ke Pemerintah Kabupaten Karawang. 

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah sudah beberapa kali mendistribusikan air bersih ke daerah kami," kata dia. 

Ia mengatakan kekeringan di daerahnya itu hampir terjadi setiap tahun. Diharapkan ada upaya dari pemkab agar warga di daerah itu tidak terus menerus mengalami kekeringan. 

Sementara itu, sesuai dengan data BPBD Karawang, hingga kini kekeringan sudah terjadi di 30 desa sekitar Karawang. 

Daerah yang dilanda kekeringan pada musim kemarau tahun 2017 ini meluas jika dibandingkan dengan data beberapa hari sebelumnya yang hanya terjadi di 25 desa. 


SUmber : Antara