Mendagri Pastikan Blangko e-KTP sudah Turun

0

Yogyakarta. - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, memastikan blangko cetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) sudah turun. Warga yang selama ini yang baru mendapat Surat Keterangan Perekaman (Suket), bakal segera mendapatkan blangko cetak e-KTP.

"Saya kira kalau blangko (e-KTP) sudah turun, hanya bertahap. Misalnya wilayahnya gede, nyetak 7 juta (blangko e-KTP) kan tidak mungkin bisa sekaligus dicetak 7 juta," kata Tjahjo menjawab pertanyaan wartawan seusai kunjungan kerja ke Balai Kota Yogyakarta, Jumat (22/9/2017).

Untuk memperlancar proses cetak blangko e-KTP, Kemendagri memberikan kebebasan kepada pemkab maupun pemkot untuk mencetak blangko secara mandiri. Asalkan pemkab atau pemkot mampu dan kualitas blangkonya minimal sama dengan cetakan pusat.



"Tapi kalau di kita sebenarnya masih cukup kok, hanya ini kan proses hambatan sumber daya manusia, server komputer mati, listrik mati, error, tapi secara prinsip tersedia. Tinggal percepatan (cetak blangko e-KTP) mencapai target sasaran," katanya.

Tjahjo mengakui persoalan blangko cetak e-KTP menjadi persoalan krusial bagi masyarakat. Sebab dalam segala hal yang berkaitan dengan administrasi negara, masyarakat membutuhkan blangko cetak e-KTP. 

"Pelayanan masyarakat harus dipenuhi," pungkasnya. 

Sumber : Detik
Posting Komentar