KARAWANG-.Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengingatkan para pelamar kerja agar tidak mempercayai calo-calo yang menjanjikan kelulusan dalam tes penerimaan calon pegawai negeri sipil.

"Tidak boleh lagi percaya kepada calo-calo, yang bisa membantu itu adalah kemampuan akademis dan intelektualnya," katanya.

Hasil gambar untuk Pelamar Kerja Jangan Percaya Calo CPNSMenurut dia, jika selama ini mungkin masih ada yang berpandangan negatif terhadap cara-cara penerimaan CPNS, dengan dirinya langsung melihat proses seleksi tersebut, diyakini tidak lagi ada pihak yang bisa bermain curang,

"Kalau ada orang mengatasnamakan bisa membantu, menjamin kelulusan, berarti orangnya sudah benar-benar menipu. Jadi tidak boleh lagi percaya kepada calo-calo," ucap Asman.

Dengan melihat sistem penerimaan dalam seleksi CPNS Kemenkumham itu, menurut Asman, sudah tidak ada lagi yang tidak terbuka penerimaannya.

Dalam kesempatan kunjungan di Taman Budaya Denpasar, Asman melihat langsung tahapan pemeriksaan dokumen, pengukuran tinggi badan, dan pencetakan kartu ujian untuk para pelamar dari jenjang lulusan SMA dan Diploma.

Menpan juga berkesempatan mencoba mengukur tinggi badannya dengan alat pengukur yang sudah disiapkan panitia.

Selain itu, dia pun sempat bertanya dengan sejumlah pelamar mengenai alasan mengapa melamar CPNS, persiapan menghadapi tahapan seleksi, hingga bertanya kepada pelamar berani tidak menjadi penjaga lapas sesuai dengan formasi yang dilamar.