Musim Paceklik ,Kesadaran Berkurban Tetap Tinggi

0
Karawang,- Di sekitaran Kecamatan Cilamaya Wetan masih musim paceklik, pasalnya areal pesawahan masih baru ditanami pasna panen. Namun, hal itu tidak mengurangi kesadaran berkurban masyarakatnya, seperti yang nampak di Desa Rawagempol Wetan. Selain puluhan kambing berjejal disemua pelataran Mesjid, juga antusias kepanitiaan dalam distribusi daging kurban terakomodasi dengan rapi.

" Walaupun paceklik, alhamdulillah kurban ini sudah nabung jauh- jauh hari, jadi tidak terpengaruh musim, kita berharap rido Allah SWT ," kata H Ratam, warga Cilamaya yang berkurban kambing tahun ini.

Kades Rawagempol Wetan, H Udin Abdul Gani mengaprsiasi meningkatkanya semangat berkurban masyarakat di perkampungan, betapapun musim paceklik karena musim panen masih jauh, tetapi semangat berkurban cukup tinggi.

Tercatat ada 36 ekor domba dan 5 ekor sapi yang siap di sembelih di hari - hari tasyrik ini. Karenanya, dengan banyaknya yang kurban ini, ia yakin, semua masyarakat Rawagempol Wetan dalam distribusi dagingnya merata, karena dikomandoi masing - masing Masjid Jame, baik yang melibatkan jemaahnya secara langsung, juga remaja- remaja masjidnya yang tak kalah partisipasinya." di kota banyak mah sudah biasa, tapi di kampung sudah paceklik tapi banyak, ini yang kita apresiasi," ujarnya

Sementara itu, Penyembelih hewan Kurban Desa Cilamaya, Yayan Mulyana mengatakan, sebelum hewan kurban di sembelih ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu alat potong yang tajam, tempat, dan kesehatan hewan kurban. Karenanya, selama puluhan tahun terakhir, dirinya  bertindak menjadi penyembelih hewan kurban di beberapa Masjid, utamanya Masjid At Taqwa, golok yang digunakannya juga bukan golok sembarangan, tapi dibeli dari banten dengan harga Jutaan, itu perlu agar proes penyembelihan benar- benar lancar dan sukses, termasuk sebut Yayan, doa- doa khusus hasim Ijazah agar hewan yang akan disembelih ini jinak dan tidak balik berlawanan. " kita beli goloknya juga khusus, tahun ini ada sekitar 20 an ekor domba dan sapi yang saya potong," katanya.

Berikut rincian hewan kurban di Desa Rawagempol Wetan :

Masjid Al,Insanul Mu' minin 3 sapi, 5 domba (Dusun Rawagempol).

Masjid Attaubah 13 domba 1 Sapi 
(Dusun jeruk simer).

Masjid At Taqwa 10 domba ( Dusun Santiong).

Musala Miftahul 1 sapi  4 domba (Dusun Rwabebek)

Editor:Farida
Pewarta:Ruri
Posting Komentar