728x90 AdSpace

iklan
Selasa, September 19, 2017

Pemda Karawang Memiliki Hadiah PARE Untuk Setiap PNS ,Ini Buktinya

Karawang-.Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS sebagai landasan hukum bagi manajemen pengembangan sumber daya aparatur negara untuk mencapai reformasi birokrasi mengingat tingginya tuntutan masyarakat terhadap peningkatan kinerja pemerintah. Sekiat 11 ribu orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Karawang merupakan penggerak birokasi pemerintah, yang harus ikut serta dalam perubahan mendasar menuju pemerintahan yang baik dan bersih. Salah satu upaya mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang bersih melalaui pengukuran penilaian kinerja PNS.Hasil gambar untuk pemda pare
Penilaian kinerja PNS bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang didasarkan pada sistem prestasi dan sistem karier. Penilaian kinerja didasarkan pada perencanaan kinerja pada tingkat individu dan tingkat unit atau satuan organisasi dengan memperhatikan target, sasaran, hasil, dan manfaat yang dicapai, serta perilaku dari PNS itu sendiri secara objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan.

Pemerintah Kabupaten Karawang terus berupaya untuk memperbaiki kinerja PNS melalui pembinaan dengan prestasi kerja, selain itu memiliki komitmen untuk memberikan penghargaan dan meningkatkan kesejahteraan bagi para PNS sesuai prestasi kerja mereka, dengan harapan, pelaksanaan manajemen Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Karawang ke depan tidak lagi terjebak pada formalitas belaka, dimana penilaian prestasi kerja tidak menggambarkan secara nyata prestasi kerja seorang PNS, yang cenderung tidak bersifat objektif dan tidak transparan.
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang telah mendesain dan mengembangkan sebuah metode penilaian kinerja aparatur yang diberi nama PARE (Performance Agreement Report by Electronic). Nama PARE sendiri terinspirasi bahwa Karawang sebagai kota pertanian atau lumbung padi. Filosopinya aplikasi ini dibuat sebagai sebuah media untuk para ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang menginventarisir, merencanakan, melaporkan dan menilai hasil kerjanya. Selanjutnya dapat diwujudkan adanya pemberian punishment and reward yang jelas berdasarkan laporan aktivitas yang disampaikan.
Sistem PARE dibangun berdasarkan pada Perjanjian Kinerja Atasan yang di Jabarkan oleh Indikator Bawahan sampai dengan tingkat JFU/JFT. Perjanjian Kinerja Atasan dijabarkan dalam SKP Tahunan dan SKP Bulanan. Capaian SKP Bulanan mempengaruhi Perolehan TPP sedangkan capaian SKP berakibat pada Pengembangan Karier, Penghargaan, Penjatuhan Hukuman Disiplin PNS, Rotasi, Promosi dan Demosi Jabatan. SKP Tahunan terdiri dari aspek Output, Kualitas, Waktu dan Anggaran. Sedangkan SKP Bulanan terdiri dari aspek Output, Kualitas, Indikatornya 4 yaitu : Akurasi, Ketelitian, Kerapihan dan Keterampilan (dengan skala linkert 1 sd 5).
Pada dasarnya PARE merupakan web base application yang dapat diakses pada halaman web dengan mengakses alamat http://silkbkd.karawangkab.go.id/pare. Tetapi PARE juga di rancang untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses aplikasi, maka disediakan aplikasi berbasis mobile phone yang berbasis android, untuk menggunakan aplikasi PARE berbasis android pengguna diharuskan memasang aplikasi PARE yang dapat di unduh di halaman http://silkbkd.karawangkab.go.id/download/pare.apk. Aplikasi PARE dirancang untuk memberikan kemudahan kepada ASN dalam pengoperasiannya. Karena berbasis web dan android sehingga memberikan alternatif pilihan untuk mengoperasikannya serta memberikan kemudahan akses karena dapat dilakuakan dimana saja selama ada koneksi internet.
Aplikasi PARE diciptakan dengan harapan agar setiap ASN memiliki target kinerja yang pasti sehingga mereka mengetahui beban tugas serta apa yang harus dilakukan. Karena itu, perlu kiranya menerapkan e-kinerja melalui pare. Tujuan penggunaan aplikasi PARE diantaranya adalah untuk meningkatan kinerja organisasi dan aparatur, menjadi salah satu instrumen dalam penataan dan penyempurnaan organisasi, sebagai alat ukur prestasi kerja organisasi dan aparatur, untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur dengan mengacu pada prinsip keadilan "equal job for equal pay”, mendorong terciptanya kompetisi yang sehat diantara aparatur, meningkatkan kompetensi SDM dan menumbuhkan kreativitas dan inovasi kerja yang lebih tinggi.
Cara mengoperasikan aplikasi PARE sangat mudah, hanya dengan memasukan NIP dan password kemudian pegawai memilih atasan dan atasan pejabat penilai. Selanjutnya membuat SKP Tahunan, SKP Bulanan, Capaian SKP Bulanan dan Capaian SKP Tahunan. PARE adalah sebuah sistem aplikasi teknologi informasi berbasis android maupun web based sebagai sarana pelaporan PNS terhadap atasan secara online (e-kinerja). Di dalam aplikasi PARE ini terdapat sasaran kerja pegawai (SKP) setiap PNS yang disusun di awal tahun dan juga uraian tugas setiap PNS yang merupakan implementasi dari SKP yang sudah disusun, yang kemudian dijabarkan ke dalam SKP bulanan.
Pengisian aplikasi pare berdampak kepada penghitungan pemberian Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP) PNS berbasis kinerja yang bisa langsung dilihat perolehannya di dalam aplikasi PARE, dan juga untuk penilaian pemberian reward dan punishment untuk PNS. Proses ini akan melibatkan persetujuan dari atasan, sehingga akan terjalin komunikasi antara atasan dan bawahan. Sebagaimana pembinaan disiplin PNS yang harus berjenjang dilakukan oleh atasan, penilaian kinerja PNS juga harus dilakukan oleh atasan langsung dari PNS atau pejabat yang ditentukan oleh pejabat yang berwenang. Semoga dengan aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja aparatur dan dapat memberikan kepuasan playanan kepada masyarakat. (BKPSDM~0817)
PARE (Performance Agreement Report by Electronic) adalah aplikasi penilaian kinerja pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang. Pada dasarnya PARE merupakan web base application yang dapat diakses pada halaman web dengan mengakses alamat http://silkbkd.karawangkab.go.id/pare.Tetapi PARE juga di rancang untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses aplikasi, maka disediakan aplikasi berbasis mobile phone yang berbasis android, untuk menggunakan aplikasi PARE berbasis android pengguna diharuskan memasang aplikasi PARE yang dapat di unduh di halaman http://silkbkd.karawangkab.go.id/download/pare.apk.Berikut tutorial pengoperasian aplikasi PARE silakan download disini.
  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Pemda Karawang Memiliki Hadiah PARE Untuk Setiap PNS ,Ini Buktinya Rating: 5 Reviewed By: PELITA KARAWANG