Karawang-. Ketua Fraksi PPP untuk MPR RI Arwani Thomafi menekankan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah, pada Kamis (21/9), merupakan momentum untuk menggalang kembali persatuan di antara seluruh komponen bangsa.

"Mari menjadikan tanggal 1 Muharram sebagai momentum menggalang persatuan dan membuang jauh-jauh perasaan permusuhan antarkomponen bangsa," ujar Arwani Thomafi, di sela kegiatan doa bersama menyambut Tahun Baru Islam 1439 H, yang diselenggarakan Fraksi PPP di gedung parlemen, Rabu.

Arwani mengatakan pihaknya sengaja memprakarsai kegiatan doa bersama menyambut Tahun Baru Islam guna mengajak seluruh pihak ber-muhasabah, mawas diri, dan menatap ke depan.

Menurut dia, Tahun Baru Islam dapat menjadi momentum mengubur dalam-dalam keinginan-keinginan untuk mengobarkan permusuhan dan balas dendam antar-komponen bangsa. 

"Terlebih saat ini bertepatan Bulan September, di mana di Bulan September kita memperingati sejarah kelam bangsa yaitu G30S/PKI. Ini momentum tepat juga agar kita tidak melihat ke belakang lagi. Tidak perlu bangkitkan amarah-amarah, tidak perlu menghidupkan kembali permusuhan-permusuhan," jelas dia. 

Fraksi PPP mengajak seluruh komponen bangsa bergerak cepat ke depan menyongsong pembangunan yang harus dilaksanakan untuk kemajuan bangsa," ujar dia.