Pesta Laut Pasirputih Hadirkan Segudang Artis Ibu Kota

0
Karawang,- Pesta Ruwat laut yang puncaknya akan digelar minggu pagi 17/9, mulai terasa gaungnya.Spanduk dan pernak - pernik penopang larung kepala kerbau tersebut sudah banjir di pelosok Karawang,bahkan dalam pagelarannya, Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ) Pasirputih datangkan artis- artis ibukota mengisi rangkaian kegiatan yang akan berlangsung sampai 20 September mendatang.

Manajer TPI Pasirputih, Waryono mengatakan, rangkaian kegiatan Pesta Laut di Pasirputih di mulai harj Jumat ini. Di awali dengan pengajian dan taushiyah dari Dai Mamang dari Ibukota, kegiatan yang dimulai pukul 19.00 malam itu juga akan dipadukan dengan santunan anak- anak yatim sebanyak 120 orang yang di sortir di semua Dusun di Desa Sukajaya. Bahkan sebut Waryono, kegiatan yang dipusatkan langsung di komplek TPI tersebut, juga akan dipandu MC artis ibukota yaitu Yadi Sembako.Baru kemudian di hari sabtunya ada rangkaian kegiatan pengobatan gratis pagi harinya." Malam sabtu ini, kita sudah start dengan pengajian dan santunan, Insya Allah penceramah dan Host nya juga dari Artis Ibukota," ujarnya.

Lebih jauh ia menambahkan, artis ibukota juga akan hadir dalam kegiatan hiburan Tarling dangdut dihari seninnya. Yaitu artis Ella Susanti Sambel goang dan Adeka Bintang pantura. Karenanya semua persiapan itu sudah dimatangkan bersama panitia. Sebab, ada yang lebih penting dari sekedar hiburan, yaitu Larung kepala Kerbau dan pagelaran wayang kulit dua hari dua malam. Karena secara tradisi, dua syarat ini penting untuk kelancaran pesta laut dan keberkahannya dimasa mendatang." Yang terpenting itu wayang kulit dan larungnya, dua hal ini yang wajib, selebihnya hanya hiburan saja.," ujarnya.
Hasil gambar untuk pesta laut pasir putih
Oleh karena Larung ini penting, pihaknya sudah menghias replika perahu sesajen dan siap di isi sesajen berdasarkan arahan pawang. Karena di perahu ini, banyak sesajian , mulai jenis- jenis rokok lawas yang kini sulit di cari, hingga minuman beralkohol, buah- buahan, kembang dan darah hasil potongan kerbau. Bahkan, melarung kepala kerbau ke pusar laut juga harus berjenis jantan, sebab sempat terjadi pesta laut kerbau yang dipotong adalab betina, tak lama setelah di larung, anehnya kepala kerbau itu balik lagi ke sekitaran TPI. Secara logika, ini memang mistis diluar nalar, namun karrna tradisi dan adat, maka harus dijaga dengan baik, termasuk kerapihan larungnya. " Replika perahu dongdang sudah kita siapkan, tinggal nantj di isi sesajen saja." ujarnya.

Panitia Pesta laut Pasirputih, Marjaya mengungkapkan, sebelum melarung, kerbau akan dipotong pada sabtu sore dan langsung dibagikan dagingnya masing- masing 1 kilogram ke semua nelayan Bubu, sementara kepala ya disiapkan ditutup kain putih untuk dilarung pada Minggu pagi." Kerbau akan di potong Sabtu sore dan langsung dibagikan pada semua nelayan Bubu rajungan," ujarnya.

Pewarta: Ruri
Editor: Farida
Posting Komentar