RELAWAN WHO PANTAU VAKSINASI RUBELA DI WADAS

0

Pewarta; OCA

Karawang-.Relawan dari Organisasi Kesehatan Dunia  atau World Health Organitation (WHO),monitor pelaksanaan vaksinasi rubela dan campak di Posyandu Melati Desa Pasirtanjung Kecamatan Lemahabang, Kamis 7/9.Selain memberikan penyuluhan teknis vaksinasi, WHO juga memonitor serapan target balita yang di vaksin di sampel- sampel Posyandu.

Dalam penyuluhannya, Relawan WHO, Antara mengatakan,Selama pelaksanaan, dirinya monitor teknis vaksinasi yang dilakukan tim medis dari Puskesmas, apakah sudah sesuau SOP dan standar kesehatan atau tidam. Misalnya, Vaksin itu harus ditempatkan steril dengan suhu sesuai standar dan jangan lama- lama di luar. Jangan pula, setelah vaksin dibuka kemudian dibiarkan menunggu lama lebih dari 15 menit baik sebelum ataupun sesudah di oplos, sebab jika demikian, kandungan vaksinnya akan berkurang dan apa yang di berikan jadi sia- sia. Karenanya, bagaimana menunggunya agar vaksin ini normal, maka setelah dibuka dan di oplos segera harus langsung di suntikan, begitupun tempat penyimpanan vaksin itu harus di dalam plakon dengan suhu yang baik. Secara keseluruhan, ia berharap, para petugas kesehatan fahami soal ini, karena kesalahan dalam teknis saja bisa beresiko." teknis- teknisnya harus diketahui detail, tapi saya lihat cukup baik," ujarnya.


Kepala UPTD Puskesmas Lemahabang H Rasidi SKm mengatakan, pihaknya apresiasi atas penyukuhan dan monitoring WHO. Pada dasarnya, petugas sudah fahami teknis- teknis itu, namun di ingatkan kembali agar semuanya sesuai standar, baik sterilisasi tempat vaksin, plakon, jarum suntiknya dan tata cara mengoplos dan prosedur pelaksanaannya,setidaknya sebut Rasidi, apa yang disampaikan WHO bisa meminimalkan kekurangan yang ada. Ia juga bersyukur partisipasj vaksinasi selama 4 hari terakhir bagi balita ini cukup baik, di upayakan tidak ada sweaping dengan target yang sudah sesuai, betapapun dalam satu pos kadang - kadang masih berhutang, ada satu atau dua anak yang belum bisa datang atau di tunda vaksinasinya." kita apresiasi monitor dari WHO ini, setidaknya meminimalkan kekurangan yang ada, " ujarnya.

Kades Pasirtanjung,Saepudin  mengatakan, baik WHO dan Dinas Kesehatan, ia menghaturkan terimakasih atas upayanya memberikan pelayanan kesehatan yang baik pada masyatakat. Besar harapan pihaknya, semoga partisipasi dan target sasaran vaksinasi ini berjalan baik dan lancar, apapun yang mrnjadi kendala di desa, jangan sungkan sebutnya, untuk senantiasa koordinask dengan desa, biar nanti pihaknya yang menggiring masyarakat agar selalu tinggi partisipasinya." kita dorong suksesi vaksinasi rubela ini di desa semoga partisipasj dan targetnya bisa terpenuhi optimal," ungkapnya.

Editor: Farida
Posting Komentar