Semarak Pesta Laut di Karawang

0
Karawang-. Ratusan Nelayan Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, hanyut dalam semarak puncak pesta laut yang digelar Minggu 17/9/2017. 

Beragam rentetan acara dihelat sebagai ungkapan syukur para nelayan penghasil ratusan ton rajungan tersebut. Mulai pengajian yang menghadirkan dai kondang dan host artis ibu kota, sampai pagelaran wayang purwa tradisional yang mengiring keberangkatan dongdang dan larung kepala kerbau. Tidak itu saja, usai puncak pesta digelar, rangkaian hiburan tarling dan doa bersama masih terus berlangsung hingga 20 September nanti.

Manajer Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ) Pasirputih, Wariyono menghaturkan terimakasih atas kehadiran unsur Muspida dan Muapika Kecamatan di acara puncak larung ruwat laut ini. Sebagai tanda ungkapan syukur, pesta laut ditahun ini kembali bisa digelar para nelayan. Dirinya berharap, dalam pesta kali ini, nelayan bisa semakin berkah hasil tangkapannya dan aman selama melautnya. Rangkaian acara sudah digelar hingga puncaknya, namun hiburan masih akan terus berlangsubg hingga 20 September nanti. Pihaknya menghaturkan terimakasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan semua elemen yang sudah mendukung terselenggaranya pesta laut ini, tidak lupa juga kegiatan yang tahun lalu digelar bulan November ini, juga dihaturkan ucapan selamat HUT Karawang ke 384, semoga saja, semua rangkaian HUT hingga nadran inj bisa membawa manfaat semua pihak,utamanya nelayan, baik soal pendangkalan, perompakan dan kemudahan akses mendapat kan bantuan infrastruktur lainnya.

"Ungkapan syukur lewat nadran ini alhamdulillah bisa kembali kita gelar, bersamaan dengan 3 TPI lainnya," pungkasnya.

plt Camat Cilamaya Kulon, Drs H Hamdani mengatakan, pesta laut ini sebagaimana amanah bupati dalam sambutannya mengingatkan agar terus dilestarikan, selain sebagai tradisi, juga menjadi wahana menarik wisatawan untuj berkunjung ke wilayah pesisir Karawang.Betapa banyak sebut Camat, anugerah yang diturunkan Allah SWT atas lautan di Karawang ini, maka sepatutnya, rasa syukur lewat nadran ini digelar dengan berbagai cara, mulai dari pengajian, hiburan untuk nelayan hingga doa bersama. Semoga saja, harapnya, nadran laut ini semakin sukses, meriah dan maju. Bahkan yangebih pentingnya adalah selaku membawa manfaat bagi masyarakat pesisirnya. " Syukuran ini juga jadi wahana wisata laut yang disediakan Pemkab, semoga sukses selalu," ujarnya.

Hadir dalam kesempatan puncaj Nadran laut Pasirputih tersebut, Camat Cilamaya Kulon, Danramil, Kapolsek, sejumlah Kepala Desa dan tokoh masyarakat Karawang. Juga nampak hadir pejabat dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang.
Posting Komentar