Tujuh Desa di Karawang Belum Usulkan Dana Desa

0
Karawang.- Disaat sejumlah desa tengah menanti pencairan tahap 2 Dana Desa tahun 2017 ini di minggu awal September, masih saja ada desa- desa yang tertinggak gerbong. Persoalan belum penyelesaian Surat Pertanggung Jawaban ( SPJ), ajuan Dana yang bersumber dari APBN tersebut juga masih nihil masuk ke meja Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD ).

Pengurus Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia ( Apdesi ) Karawang, Udin Abdul Gani mengatakan, desanya dan termasuk desa- desa di Kecamatan Cilamaya Wetan sudah masuk semua ajuannya untuj tahap 1 dan 2, saat ini, menurut kabar, DD tahap 2 akan cair minggu depan. Hanya saja, ada beberapa desa yang masih belum selesai SPJ tahap 1, otomatis harus menyelesaikannya dulu, baru kemudian mengajukan tahap 2. Itu sebutnya, masih bisa diantisipasi, hanya saja saat Rakor bersama, DPMD berikan selebaran bahwa masih ada 7 Desa yang jangankan membuat SPJ tahap 1, mengajukan tahap 1 saja belum, artinya selama Januari - Agustus ini, ke 7 Desa tersebut masih belum menikmati Dana Desa sepeserpun, entah apa alasannya, yang jelas Apdesi mengemembalikannya ke internal 7 Desa tersebut agar segera menyelesaikannya dan bertanggungjawab. " kalau kita tahap 2 sudah mau cair , tapi ada 7 Desa yang belum sama sekali mengajukan tahap 1 " ujarnya.

Saat dimintai keterangan kaitan bantuan Apdesj atas 7 Desa yang tertinggal gerbong tersebut, Sekretaris Apdesi Karawang, Alex Sukardi tidak memberikan balasannya sampai berita ini ditulis.

Sementara itu, Kepala DPMD  Karawang Ade Sudana mengatakan, Dana Desa tahap II beberapa belum ada yang masuk dan mungkin masih transit di kantor Kecamatan, hanya saja sebut Ade ada 7 Desa yang juga belum sama sekali mengusulkan Dana Desa tahap 1 tahun 2017 ini,
Ia merinci ke 7 Desa tersebut antara lain, Telukjambe , Jomin Timur, Pangulah Selatan, Lemahmakmur, Kertajaya, Pisangsambo dan Kutajaya. Saat disinggung kendala dan konsekwensi jika tidak kunjung diajukan, Kepala Dinas hasil lelang ini tidak lagi memberikan balasannya." Dd tahap 2 ada yang belum mengajukan, mungkin masih di Kecamatan, ada juga yang DD tahap 1 belum juga diajukan, maaf saya lagi di Cirebo ," Tulisnya.

Berikut Desa yang belum mengusulkan pencairan Dana Desa tahap 1 :
1.Telukjambe(tj.timur)
2.jomin timur(kota baru)
3.pangulah selatan(kota baru)
4.lemah makmur(tempuran)
5.kertajaya(jayakerta)
6.pisangsambo(tirtajaya)
7.kutajaya(kutawaluya

Editor: Farida
Pewarta:Ruri
Posting Komentar