12 Negara Memastikan Lolos ke Piala Dunia 2018

0

Jakarta  - Sebanyak 12 negara termasuk tuan rumah Rusia telah memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, menjelang laga pamungkas fase kualifikasi yang akan digelar pada pertengahan pekan depan.

12 negara memastikan lolos ke Piala Dunia 2018
Empat negara dari zona Asia yang memastikan lolos adalah Iran, Jepang, Korea Selatan dan Arab Saudi. Pemenang laga antara Australia melawan Suriah akan bertemu dengan tim peringkat empat zona Concacaf di babak play-off pada November 2017.

Nigeria menjadi negara pertama dari Benua Afrika yang lolos ke putaran utama Piala Dunia di Rusia. Masih ada empat negara dari empat grup zona Afrika yang berpeluang lolos, beberapa di antaranya adalah Tunisia, Senegal, Mesir, dan Maroko yang memuncaki klasemen sementara di masing-masing grup.

Zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia (Concacaf) telah mengirimkan Meksiko sebagai wakil pertamanya. Masih tersisa dua jatah menuju Rusia yang kemungkinan akan diperebutkan Amereka Serikat, Kosta Rika dan Kanada.

Brasil yang memimpin klasemen zona Amerika Latin (Conmebol) menjadi tim pertama yang lolos. Uruguay, Chile, Kolombia, Peru, Argentina dan Paraguay akan berebut tiga jatah tersisa untuk lolos otomatis dan satu posisi play-off untuk melawan tim dari Oseania.

Eropa telah mengirimkan empat negara antara lain Jerman, Inggris, Spanyol, dan Belgia yang menjadi pemimpin di masing-masing grup. Zona Eropa masih menyisakan lima pemimpin grup lainnya untuk lolos ke Rusia berdasarkan hasil pertandingan terakhir.

Sedangkan delapan negara urutan kedua dalam klasemen zona Eropa akan melakukan laga playoff pada November.

Undian fase grup putaran final Piala Dunia 2018 akan digelar pada awal Desember 2017, demikian FIFA. Sumber: Antara

Berikut daftar sementara negara-negara yang lolos ke Rusia:


RusiaTuan rumah
IranZona Asia
Korea SeatanZona Asia
Jepang Zona Asia
Saudi ArabiaZona Asia
NigeriaZona Afrika
MeksikoZona Concacaf
BrasilZona Conmebol
JermanZona Eropa
InggrisZona Eropa
SpanyolZona Eropa
BelgiaZona Eropa
Posting Komentar