13 Hari Tertidur Ternyata Echa Mengidap Sindrom Putri Tidur, Ini 6 Orang Sepertinya

BANJARMASIN. - 13 hari Siti Raisa Miranda atau kerab disapa Echa tidur, baru pada Sabtu (21/10/2017) sekitar pukul 09.00 Wita dia terbangun.
Namun, setelah bangun beberapa saat, anak usia 13 tahun ini kembali melanjutkan tidurnya.
Echa mendadak populer di medsos karena sang ayah, Mulyadi pemilik akun Facebook Ya Lo Ve mengunggah foto anaknya yang sudah tertidur lebih 10 hari namun tak bangun-bangun.
Namun, kondisinya masih setengah sadar, dia juga tidak dapat berkomunikasi.
Sempat diurut oleh sang paman, Echa kemudian tidur lagi.
Baru pada Minggu (22/10/2017) Echa benar-benar terbangun dan membuka mata.
Cerita sang ayah, Mulyadi, pagi Minggu pagi, Perempuan bernama lengkap Siti Raisa Miranda itu buang air kecil di kasur.
Echa lalu langsung dimandikan mamanya.
Meski sempat dipapah saat dimandikan, karena kondisi Echa belum sadar total, namun akhirnya perempuan berusia 14 tahun itu mau membuka matanya.
Ia mulai bangun namun masih dalam kondisi bingung, seolah belum berada di dunia nyata.
Bahkan dari cerita Mulyadi, setelah dimandikan, Echa diarahkan mamanya untuk mengambil baju sendiri.
Namun yang terjadi ialah Echa hanya berdiri di depan lemari hingga lebih setengah jam.
Ditemui Banjarmasin Post (Tribunnews.com Network) di kediamannya Jalan Pangeran, Rt 4, Kuin, Echa hanya bisa terbaring di kasurnya setelah tertidur selama 13 hari.
Matanya terbangun namun pandangan perempuan itu kosong.
Bahkan ketika sang ayah mendekatkan jari ke mata Echa secara mendadak, Echa tak merespon dan tak ada kedipan sedikitpun.
Bahkan bola matanya tidak berpindah pada pandangan awalnya.
“Sebenarnya saya lebih nyaman melihat dia tidur dibanding kondisinya yang seperti ini, khawatir dia kesurupan, karena pikiran kosong rentan hal seperti itu,” ucap Mulyadi.
Demi anak cepat tersadarkan total dan ceria lagi, Mulyadi terus memberikan rangsangan kepada Echa.
Ia bahkan meminta Echa untuk berhitung.
Echa pun sempat merespon hal tersebut sejenak sebelum kembali pada kondisinya yang seolah tak tahu ada orang disekitarnya.
Meski telah bangun dari tidur panjangnya dan matanya terbuka, Echa tak bisa diajak bicara.
Bahkan posisi setiap bagian badannya tak berubah terkecuali diubah oleh pihak keluarga.
Semisal apabila tangan Echa berada di atas perut, maka tetap disana, Echa tak memindahkan dan tak ada gerakan apapun meski badanya disentuh.
Nafas Echa memang terdengar, ia bahkan nampak sehat meski bisa dikatakan terlihat kurus.
Namun aktifitas fisiknya hanya berbaring tanpa ada gerakan. Hanya bagian dada yang naik turun ketika ia bernapas.
Sebelumnya, Echa sempat tertidur hingga 13 hari. Ia adalah anak perempuan dari Mulyadi dan Lili yang mengalami kondisi dugaan Sindrome Putri Tidur (kleine levin).
Kleine-levin adalah kondisi neurologi yang dimulai di usia anak-anak dan remaja. Biasanya terjadi akibat adanya infeksi atau penyakit tertentu.
Gejala utama sindrom ini adalah tidur panjang, bisa sampai 20 jam sehari.
Satu episode bisa berlangsung cepat atau bertahap beberapa hari hingga minggu.
Selama episode tersebut, penderitanya akan kehilangan orientasi, ingin makan banyak, bersikap kekanak-kanakan, dan gampang marah.
Sejauh ini belum ada obat untuk mengembalikan kondisi penderita, terapi utama adalah menjaga pasien agar aman di rumah.
Inilah orang-orang senasib seperti Echa.
1. Louisa Ball
Dongeng Putri Tidur menjadi kenyataan bagi remaja berusia 18 tahun ini. Louisa Ball dijuluki 'Sleeping Beauty' karena terus tertidur dan tidak bangun-bangun selama 2 minggu.
Ball didiagnosa mengidap penyakit Klein-Levin Syndrome. Penyakit Ball ini terdeteksi setelah ia dibawa ke st George's Hospital, Inggris, pada tahun 2009.
Awalnya Ball tertidur hingga 10 hari, namun setelah diberi obat Ball justru tertidur lebih dari 12 hari. Saat dibangunkan, Ball selalu bicara melantur seakan-akan sedang berbicara sambil tidur.
Setelah ia bangun dari tidurnya yang berhari-hari, ia akan lupa dan tidak mengingat apapun yang terjadi.
2. Stacey Comeford
Remaja berusia 16 tahun asal Telford ini harus melewatkan ujian sekolah sebanyak 9 kali serta ulang tahunnya sendiri karena sindrom Klein-Levin yang dideritanya. Tidak hanya tertidur selama berminggu-minggu, Stacey bahkan tertidur hingga 2 bulan.
Stacey terbangun hanya untuk pergi ke toilet atau mengambil minum tapi tidak membuatnya terjaga penuh. Dan saat benar-benar terbangun, ia menganggap saat itu adalah hari esok setelah ia tidur dan ia tidak memiliki kenangan apapun.
3. Nicole Delien
Nicole Delien (18 tahun), 'Putri Tidur' asal Pennsylvania, AS, ini bahkan harus melewatkan Thanksgiving, Natal, ulang tahun dan perjalanan pertama keluarga ke Disney World. Nicole mengaku sedih karena telah melewatkan banyak momen, bahkan ia juga harus kehilangan kesempatan untuk bertemu idolanya, Katy Perry.
Berdasarkan Jurnal Oxford, penyakit ini juga dapat menyebabkan masa tidur yang berlebihan, serta gejala seperti disorientasi, halusinasi, hingga sikap kekanak-kanakan. Seorang dokter di RS Allegheny General Hospital di Pittsburgh, Pennsylvania, menyebutkan Nicole dapat disembuhkan dengan mengonsumsi obat, namun obat yang diberikan dokter hanya dapat mengenyahkan gangguan tidur Nicole sementara.
4. Lois Woods
Lain dengan 'Putri Tidur' yang satu ini, ketika terbangun terkadang Lois dapat berubah menjadi seperti zombie, namun terkadang juga dapat menjadi seperti balita usia dua tahun. Lois bahkan dapat melukai dirinya sendiri dengan membenturkan kepala ke lemari dan meninju dinding berulang kali.
Lois mengalami gangguan tidur saat berusia 14 tahun. Kala itu Lois baru saja pulang sekolah, dan keluarganya mendapati gadis itu seperti pingsan dengan wajah menelungkup ke sofa.
5. Alanna Wong
Alanna Wong (22 tahun), 'Putri Tidur' yang satu ini justru akan kembali menjadi balita ketika terbangun. Alanna mengoceh seperti balita dan bahkan tidak dapat membaca dan berkomunikasi. Hal ini sangat membingungkan orang di sekitarnya.
Klein-Levin Syndrome (kLS) yang diderita Alanna sejak usia 10 tahun ini menyebabkannya kehilangan kemampuan untuk mengontrol tingkah laku, bicara dalam suara bayi, bahkan dia lupa bagaimana cara membaca dan merasa bahwa dia sedang di alam mimpi. Dan ketika Alanna benar-benar sadar, ia tidak mengingat sama sekali apa yang telah dia lakukan.
6. Shannon Magee
'Putri Tidur' usia 17 tahun ini juga harus melewatkan ulang tahunnya karena Sindrom 'Putri Tidur' yang dideritanya. Ketika terbangun Shannon dapat berjalan setengah tidur dengan keadaan telanjang, berhalusinasi, dan menjadi pemarah saat terjaga.
Shannon mengatakan, "Aku bernyanyi Hallelujah selama empat hari dan aku hanya tahu pada bagian Reff." Dan setelah sadar, Shannon merasa dirinya seperti terbangun dari koma, dia kehilangan ingatannya dan tidak tahu apa yang telah dia lakukan.

sumber: bangkapos.com