30 Mantan Narapidana Dibina Wirausaha

0
KARAWANG-.Sedikitnya 30 eks (mantan) narapidana  binaan Lapas Kabupaten Karawang mengikuti kegiatan bimbingan rehabilitas sosial dan keterampilan wirausaha, Selasa (31/10) di Kantor UPTD Dinas Sosial Karawang.

Pelatihan yang diselenggarakan Forum Mantan Narapidana (FOX NAPI) yang bekerjasama dengan Dinas Sosial tersebut guna membantu eks napi yang tidak memiliki pekerjaan.

Pengurus FOX NAPI, Yanto menjelaskan, dari 30 eks napi ini dibagi kelompok menjadi 6 kelompok.  Nantinya tiap kelompok diberikan alat berupa mesin steam untuk mengelola usahanya.

“Tiap kelompok ada 5 orang dan diberikan fasilitas alat mesin steam dari Dinas Sosial. Usaha ini terus dilakukan pembinaan secara rutin melalui Fox Napi,” kata Yanto.

Menurutnya, melalui wadah Fox Napi dapat terorganisir mantan-mantan napi di Karawang. Salah satunya dengan kegiatan usaha bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan dapat membantu dalam mencukupi perekonomian keluarga.

“Wirausaha ini bisa bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Buyung menambahkan, selain kegiatan wirausaha ada kegiatan yang lain tengah dipersiapkan. Dengan demikian bagi mantan napi binaan Lapas Karawang yang belum bergabung dalam organisasi Fox Napi, ia mengaku membuka pintu selebar-lebarnya untuk mereka yang bersedia gabung.

“Jika ada yang mau bergabung atau masuk dalam ke anggotaan Fox Napi, kami persila-kan terbuka untuk siapa saja. Sekretariat Fox Napi di Karawang Hijau, Jalan Interchange Karawang Barat,” tambahnya.

Kepala Dinas Sosial, Setya Dharma ikut hadir pada pembianaan tersebut. Ia pun mendukung dengan memberikan bantuan mesin steam kepada eks napi binaan Fox Napi Karawang. (oca)