Karawang. -.Saat ini hampir semua media di nusanatara utama televisi dan online memberitakan adanya penolakan kedatangan Panglima TNI oleh Amerika Serikat.(22/10).


Atas peristiwa tersebut Menlu Retno Marsudi mengaku sudah berbicara dengan Dubes AS untuk Indonesia Joseph R Donovan mengenai penolakan AS terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.Dan hasilnya pihak AS menyebut ada persoalan internal.

"Katanya ada persoalan internal ya. Ada persoalan internal di mereka," kata Dirjen Amerika dan Eropa (Amerop) Kemlu Mohammad Anshor, Minggu (22/10/2017).

Sayangnya apa yang dimaksud persoanal internal ini tidak dijelaskan lebih rinci oleh Kedubes AS. Berdasarkan informasi yang didapatkan Anshor, pada Sabtu (21/10) pagi, Kedubes AS telah memberitahukan mengenai adanya persoalan internal tersebut.

"Pesawat Pak Panglima ini Sabtu jam 13, sampai siang persoalan ini selesai. Hingga akhirnya disampaikan ke beliau," kata Anshor.

Gatot mendapatkan informasi penolakan masuk AS itu saat sudah berada di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Pemberitahuan disampaikan maskapai saat Gatot hendak check in.

Pada Senin besok Kemlu akan memanggil Kedubes AS untuk dimintai klarifikasi. KBRI Washington juga mengirimkan surat diplomatik untuk mendapatkan klarifikasi AS mengenai penolakan terhadap Gatot tersebut.