Jakarta - Dua warga negara Indonesia (WNI) tewas tertimpa tanah longsor di Penang, Malaysia. Keduanya merupakan pekerja bangunan.

Ini Identitas 2 WNI yang Tewas Tertimpa Longsor di Malaysia"KJRI Penang tangani 2 WNI korban tanah longsor yang terjadi pada Sabtu, 21 Oktober 2017 pukul 09.10 di TAR College Tanjung Bungah, Penang. Kedua WNI tersebut adalah Hosrin dan Erwin yang berdasarkan data paspor berasal dari Dawang, Tambak, Gresik, Jawa Timur," kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, ketika dimintai konfirmasi, Minggu (22/10/2017).

Menurut Lalu, jasad Hosrin berhasil dievakuasi pukul 23.00 waktu setempat, Sabtu (21/10), sedangkan jasad Erwin dievakuasi pukul 02.00 dini hari, Minggu (22/10). Pihak keluarga pun sudah dihubungi.

"Keluarga sudah kami hubungi untuk melakukan identifikasi secara visual," ujar Neni Kurniati selaku Pejabat Fungsi Konsuler KJRI Penang.

Kedua WNI itu disebut sebagai pekerja resmi di syarikat Choong Cons Penang Sdn Bhd. Menurut perusahaan, hanya mereka berdua yang berstatus WNI di antara total 14 korban longsornya tanah sedalam 10 meter tersebut. Korban lainnya berasal dari China, Bangladesh, Pakistan dan Rohingya. 



Kedua jenazah saat ini berada di General Hospital Pulau Penang untuk dilakukan visum et repertum. Menurut Lalu, setelah visum jenazah keduanya akan diserahkan kepada pihak keluarga yang sudah berada di Penang.

"Jenazah Hosrin rencana akan dipulangkan oleh keluarganya ke Gresik. Sementara jenazah Erwin akan dimakamkan oleh keluarganya di Kuala Lumpur," kata Lalu.

Lalu juga mengatakan KJRI Penang akan membantu proses pemulangan kedua jenazah tersebut dan akan memberikan pendampingan kepada keluarga untuk memastikan semua hak-hak almarhum akan dipenuhi oleh perusahaan. 

Sumber: detik.com