Kim Kurniawan Gagalkan Persiba Raih Poin Sempurna

0

Balikpapan . - Pemain naturalisasi Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, mencetak gol penyeimbang 2-2 yang menggagalkan tuan rumah Persiba Balikpapan meraih poin sempurna pada pertandingan lanjutan Liga 1 di Stadion Batakan Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu malam.

Mantan pemain nasional itu mencetak gol pada menit ke-73, hanya selang enam menit setelah Persiba Balikpapan membalikkan keunggulan dari ketinggalan 0-1 di babak pertama.

"Apapun itu, anak-anak sudah berusaha maksimal. Mereka mampu bangkit dari ketinggalan 0-1, juga dari tekanan terus-menerus Persib," kata pelatih Persiba Haryadi usai pertandingan.

Kim Kurniawan gagalkan Persiba raih poin sempurnaPada babak pertama, Persiba seolah bermain di kandang lawan. Marlon da Silva dan kawan-kawan harus bertahan di sepertiga lapangan saat Michael Essien, Ezeckiel N'Douassel dan juga Kim Kurniawan membombardir pertahanan Persiba yang dikawal Dian Agus Prasetyo. 

Serangan itu membuahkan hasil ketika pada menit ke-18, bola pantul hasil blok Dian Agus dari tendangan bebas Essien disambar Ezechiel. Kiper yang masih terbaring di tanah dari upaya sebelumnya belum lagi bangkit ketika bola deras melewatinya dan Persib memimpin 1-0.

Persib yang sudah unggul tidak mengurangi tekanan. Sejumlah peluang terus diciptakan, namun berakhir sia-sia karena tidak akurat, seperti terlalu melebar ke samping atau bola tinggi melayang di atas mistar. 

Memasuki babak kedua, setelah gelandang Persib Febri Haryadi dikartu merah wasit menyusul kartu kuning kedua pada menit ke-57, tuan rumah mulai menggila.

Tim berjuluk "Beruang Madu" berbalik mengurung pertahanan "Maung Bandung". Bijahil Chalwa, Bryan Cesar, Srdan Lopicic, dan Marlon da Silva bahu-membahu menggempur pertahanan Persib Bandung.

Akhirnya satu kemelut di depan gawang Persib dimanfaatkan sempurna oleh Persiba. Bola sontekan Marlon di dalam kotak penalti lawan disambar keras oleh Bryan Cesar dan melayang di pojok kiri atas gawang untuk mengubah skor menjadi 1-1 pada menit ke-60. 

Persiba yang harus menang terus menyerang. Pada menit ke-67, Persiba mendapatkan tendangan bebas dari sektor kanan wilayah tengah permainan Persib.

Srdan Lopicic yang mengeksekusi mengirim bola langsung ke kotak penalti dan penyerang Brazil Marlon da Silva menyambutnya dengan tandukkan yang tidak terjangkau kiper Nathsir. Persiba berbalik unggul 2-1.

Marlon merayakan golnya dengan melepas kausnya, lalu selebrasi unik di pinggir lapangan di sisi gawang Persib dengan merangkak hingga wasit memberinya kartu kuning.

Namun, Persib yang berpengalaman tidak mudah menyerah. Aksi Kim Kurniawan di menit ke-73 meneruskan umpan gelandang Vladimir Vujovic berbuah gol bagi tim tamu sekaligus menyeimbangkan skor.

Bagi Persiba, inilah hasil seri pertama di Stadion Batakan setelah dua kali meraih kemenangan.

Setelah kalah dari Pusamania Borneo FC pada laga pekan lalu, setidaknya hasil seri 2-2 bisa dipandang sebagai tren positif.

"Hanya saja posisi Persiba perlu poin banyak, artinya hanya kemenangan untuk bisa lolos dari zona degradasi," kata Abraham Johan, jurnalis senior peliput Persiba.

Hasil seri di kandang adalah kerugian, apalagi minggu depan main tandang lawan Bhayangkara FC, tim yang tengah berada di puncak klasemen.

Persiba masih tertahan di posisi ke-17 klasemen sementara zona degradasi dengan nilai 20, terpaut lima poin dari Perseru Serui yang ada di posisi ke-16 dengan poin 25.

"Masih ada kesempatan dan kami akan terus berjuang," tegas Marlon da Silva.
Posting Komentar