PEKA. - Kopi bisa menjadi minuman favorit banyak orang di dunia ini untuk diminum di pagi hari. Sebabnya kopi mengandung kafein yang dapat merangsang sistem saraf pusat sehingga bisa membuatmu jadi lebih terjaga dan mudah fokus. 

Sayangnya karena efek tersebut, kamu sering minum kopi kelewat batas. Konsumsi kafein dalam dosis besar akan membuatmu jadi tidak tenang dan mudah gelisah karena hormon adrenal yang terlalu aktif bekerja. Selain itu, jumlah kafein berlebih dalam perut juga bisa meningkatkan asam lambung.

Jika sudah begini, maka apa yang harus kamu lakukan?

  • Minum banyak air. Dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, maka kamu bisa meredakan gejala overdosis kafein.
  • Kafein menguras kandungan potasium dan magnesium dalam tubuh yang bisa membuatmu gugup. Oleh karena itu jaga kadar potasium dan magnesium dengan mengonsumsi pisang dan sayuran berdaun hijau.
  • Jangan lupa lakukan olahraga ringan untuk membuat merasa jauh lebih baik.
Jika tips di atas tidak bekerja dengan baik dan kamu malah mengalami nyeri dada, sulit bernapas, bingung, muntah, dan detak jantung tidak teratur, maka segera dapatkan pertolongan medis. 


Sumber : Merdeka.com