Petani Karawang akan Diedukasi Tanam Sorgum

0
KARAWANG-Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang, akan mengajak petani untuk menanam sorgum. Tanaman ini dinilai sangat serbaguna, bahkan bisa menjadi sumber pangan yang penting setelah nasi dan jagung.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang, Kadarisman, mengatakan, wilayahnya terkenal dengan sebutan lumbung padi. Julukan itu melekat karena luasan baku sawah di Karawang lebih dari 97 ribu hektare. 

Hasil gambar untuk sorgum di indonesia"Kedepan, kita ingin ada keberagaman tanaman supaya ketersediaan bahan pangan tidak monoton," ujar Kadarisman,

Kadarisman menjelaskan,selama ini petani di Karawang terlalu fokus pada tanaman padi. Padahal, ada sumber bahan pangan lainnya yang bisa dibudidayakan, yakni, sorgum. 

"Kedepan, petani di Karawang akan diedukasi mengenai tanaman ini," kata Kadarisman.

Saat ini, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang masih mencari lokasi strategis untuk menanam sorgum. Kadarisman mengatakan perkebunan sorgum dimungkinkan untuk berada di wilayah selatan ataupun utara. Tak terkecuali, di wilayah yang dekat perkotaan sekalipun.

"Kami akan cari lokasi yang cocok supaya uji coba sorgum ini berhasil. Dengan begitu, kedepannya akan banyak petani yang berminat tanam sorgum," ujarnya. 
Posting Komentar