PPP Realistis Hadapi Pilkada 2018

0

Jakarta.-Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy mengatakan partainya bersikap realistis dalam menghadapi Pilkada 2018 yang berlangsung di 171 daerah sehingga apabila PPP tidak memiliki kader sendiri, maka akan mencari sosok yang memenuhi kriteria dan memiliki peluang untuk menang.
Hasil gambar untuk romahurmuziy ppp
"Pada prinsipnya, kami mendorong kader-kader partai yang memiliki potensi untuk maju dalam pilkada. Karena parpol memang didirikan untuk mencapai kekuasaan," kata Romahurmuziy atau Romy.

Namun, menurut dia, PPP sadar bahwa untuk menang dalam pilkada memerlukan tiga modal, yaitu pertama modal politik, seperti jaringan yang bisa digerakkan untuk pemenangan. 

Dia menjelaskan kedua adalah modal sosial, yaitu tentang sejauh mana rekam jejak calon yang bersangkutan selama ini.

"Selanjutnya adalah modal finansial. Karena, perjuangan tidak akan mungkin tanpa biaya. Karena itu, ketiga modal ini harus dimiliki untuk kader bila yang bersangkutan berketetapan untuk maju," ujarnya.

Romy menegaskan bahwa PPP tidak akan serta merta memberikan posisi dan kursi-kursi kekuasaan calon kepala daerah (Cakada) kepada para pengusaha karena ada titik dimana modal sosial mampu mengantarkan pada modal finansial.

Menurut dia apabila calon kepala daerah bersangkutan selama ini dikenal baik, bisa berkarya dan mampu, maka modal sosialnya akan tinggi dan elektabilitasnya akan terpotret dalam survei. 

Selanjutnya dia menilai, dengan sendirinya para pemodal akan datang menawarkan bantuan. 
Posting Komentar