PT Musashi Auto Part Indonesia Tanam Mangrove di Tanjung Pakis

0
Karawang. - Direksi dan Manajemen PT Musashi Auto Part Indonesia, melaksanakan kegiatan penanaman mangrove untuk yang ke-4 kalinya di Dusun Bungin, Desa Tanjung Pakis Kecamatan Pakis Jaya, Kamis (5/10).

Kegiatan yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Tanjung Pakis ini dihadiri pula oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, berawal tahun 2014 sampai dengan tahun 2017 ini tak kurang dari 8000 pohon jenis Rhizophora Apiculata atau biasa dikenal dengan pohon bakau telah ditanam oleh PT Musashi di lokasi tersebut, dengan tujuan menahan Abrasi yang telah mengikis daratan sepanjang 1000 meter dari bibir pantai saat ini.

Kepala Dinas LHK, Wawan Setiawan yang berhalangan hadir dalam kesempatan tersebut, Melalui Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran, Kerusakan dan Konservasi Lingkungan (Kabid P2KL), Rosmalia Dewi, mengutarakan rasa terimakasih kepada PT Musashi yang telah berkesinambungan melakukan upaya-upaya konservasi dengan cara menanam Mangrove selama 4 tahun terakhir ini.

"Kami berharap kepada masyarakat sekitar untuk turut memelihara tanaman ini jangan sampai semua yang telah dilakukan oleh PT Musashi ini tidak bermanfaat untuk warga sekitar, jadi wajib dipelihara," tegasnya.

masih lanjut Rosmalia Dewi, ia berharap kepada PT Musashi untuk terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan masyarakat Dusun Bungin untuk mengevaluasi tentang perkembangan dari mangrove yang telah ditanam tersebut.

"Semacam stimulan lah untuk masyarakat disini supaya turut manjaga pertumbuhan dari mangrove ini," lanjutnya.

Dirinya pun berharap kepada PT Musashi agar mengajak perusahaan-perusahaan lain yang ada di Kabupaten Karawang untuk mau melakukan kegiatan serupa.

"Kalau saja ada 1000 perusahaan yang melakukan hal yang sama dengan PT Musashi, saya yakin dalam waktu 3 sampai 4 tahun pantai dikarawang ini akan penuh dengan tanaman mangrove,kurang lebih ada 2000 perusahaan di Karawang ini," pungkasnya.

Ditempat yang sama Direktur HRD PT Musashi, Farid Arif mengatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove tersebut adalah yang ke 4 kalinya sejak tahun 2014 dan sekitar 8000 pohon mangrove yang sudah ditanam di lokasi tersebut.

"Ini adalah bagian dari kegiatan penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) PT Musashi di Kabupaten Karawang, sebenarnya bukan penanaman mangrove aja untuk CSR PT Musashi ada di bidang Kesehatan dan Pendidikan, intinya ini adalah bentuk tanggungjawab sosial lah ya dari PT Musashi," Singkatnya.

Dikesempatan berbeda kepala Desa Tanjung Pakis, Karyo mengaku kegiatan hari ini memang lebih meriah daripada kegiatan yang serupa pada waktu lalu, dirinya mengaku senang dengan keseriusan dan berkesinambungannya kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan PT Musashi di Desa nya.iapun berharap agar kegiatan tersebut bukan hanya dilakukan oleh PT Musashi saja, tapi juga diikuti oleh perusahaan-perusaahan yang lain di Kabupaten Karawang ini.

"Ya mudah-mudahan akan banyak lagi perusahaan yang mau peduli dengan lingkungan di Kabupaten Karawang ini, khususnya Desa kami ya Desa Tanjung Pakis, untuk membantu menanggulangi abrasi yang mengikis daratan sepanjang pantai di Karawang ini, saya juga berharap kepada Dinas LHK untuk bisa memfasilitasi agar kami yang berada di daerah pantai ini mendapat bantuan dari pemerintah untuk pembangunan pemecah gelombang," katanya.


Penulis: Zul
Editor : AS
Posting Komentar