Sabtu Sekarang SMA Pendidikan Jarak Jauh di Karawang Mulai Belajar

0
Karawang,-SMA Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) atau terbuka sudah ditutup pendaftaranya pada 21/9 lalu. Sebanyak 24 orang siswa baru terjaring dalam pendaftaran dua gelombang sejak September tersebut di SMAN 1 Telagasari.

Rencananya, siswa dengan kriteria 17 - 21 tahun tersebut akan memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada Sabtu akhir pekan nanti, Tempat Kegiatan Belajar (TKB) yang dipilih, ternyata bukan di rumah warga, majelis dan sarana lainnya, melainkan langsung di SMA induknya.

Pengelola PJJ SMAN 1 Telagasari, Hamim S.Pd mengatakan, selama dua bulan dibuka pendaftatan, ada 27 siswa terjaring dalam program ini, namun tiga diantaranya tidak bisa masuk Dapodik karena tidak memenuhi kriteria, seperti usia lebih dari 21 tahun dan juga berdomisili KK diluar Provinsi Jawa Barat, sehingga yang diterima dan dilaporkan dapodiknya hanya 24 orang saja. Sabtu ini, rencananya mulai kegiatan belajarnya, TKB nya sendiri langsung di SMA induk diluar jam belajar efektif siswa reguler, yaitu Sabtu dan Minggu.

Kepala sekolahnya juga adalah dari SMA induk dibantu oleh pengelola dan guru pamong.Namun, spesimen anggaran, adminsitrasi dan laporan, terpisah dengan SMS induk." TKB nya ini langsung di SMA  induk, Kepala Sekolahnha juga , hanya dibantu guru pamong dan pengelola saja," Ujarnya.


Selama dua bulan, diakui Hamim, baik dari Provinsi maupun Pihak sekolah sama sekali tidak ada operasional sosialisasi dalam penjaringan siswa PJJ tersebut. Dengan kata lain, hanya memberikan penyampaian saja, walaupun, menjaring 24 siswanya tersebut bukan perkara mudah, yaitu dengan ikut rapat Minggon Kecamatan,  ke desa hingga jaringan alumni sekalipun. Wal hasil, meskipun maksimalnya dalam satu TKB 20 orang, SMAN 1 Telagasari ini berhasil menerima 24 dan datanya sudah masuk ke Dapodik, siswa dengan latar belakang seperti DO, belum SMA karena faktor ekonomi, semuanya akan menempuh pembelajaran sampai 3 tahun kedepan alias dari nol, meskipun masa sebelumnya sebatas DO sekalipun." Yang DO, atau yang latar belakang apapun dari nol lagi sekolahnya nanti," Ungkapnya.

Lebih jauh guru Matematika ini menambahkan, oleh karena batas 1 TKB ini 20 orang, maka SMA yang kurang dari jumkah itu, bisa dialihkan ke TKB SMA terdekat. Soal kurikukum, pembelajaran dan lainnya masih akan menyesuaikan kedepan." SMA yang Pjj nya kurang dari 20 per TKB, bisa dialihkan, " Pungkas Guru asal Blanakan Subang ini.

Kepala SMAN 1 Telagasari, Hj Ai Hujaemah S.pd saat hendak dikonfirmasi kaitan SMA PJJ yang TKB nya akan digelar di sekolah nya langsung,mantan Pengawas yang kembali menjadj Kepsek ini sulit ditemui karena kesibukannya mengajar.

Editor: Farida 
Penulis: Ruri

Posting Komentar