Senat Akademik IPB Seleksi Tiga Calon Rektor

0

Bogor .- Panitia Pemilihan Rektor (PPR) Institut Pertanian Bogor mengatakan Senat Akademik akan melakukan pemilihan tiga calon rektor dari enam bakal calon (BCR) pada tanggal 9 Oktober mendatang. 

"Pemilihan tiga calon rektor merupakan babak penentu siapa yang akan menjadi Rektor IPB, dari enam BCR menjadi tiga calon rektor yang akan dipilih oleh Senat Akademi IPB," kata Humas PPR IPB, Prof Firdaus, kepada Antara di Bogor, Minggu. 
Firdaus menyebutkan pemilihan rektor IPB telah memasuki babak baru setelah menjaring 24 nama bakal calon rektor dari berbagai unsur pada Juli lalu, selanjutnya nama-nama tersebut diserahkan kepada Senat Akademik untuk diseleksi menjadi enam bakal calon (BCR).
Senat Akademik IPB seleksi tiga calon rektor
Seleksi enam BCR telah dilakukan melalui sidang pleno Senat Akademik (SA) IPB yang berlangsung Rabu (27/9) lalu. Enam BCR tersebut terdiri dari empat guru besar dan dua doktoral. 

Keenam nama tersebut yakni Dr Agus Purwito, Dr Arief Satria, Prof Hermanto Siregar, Prof Luki Abdullah, Prof M Yusram Massyjaya, dan Prof Yonny Koesmaryono. 

"Selanjutnya enam nama ini akan diseleksi oleh SA akademik untuk menjadi tiga calon rektor yang akan diserahkan kepada Majelis Wali Amanat (MWA) IPB yang akan memilih rektor," katanya. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sebagai perguruan tinggi berbadan hukum, MWA IPB akan menetapkan rektor terpilih melalui sidang paripurna yang dijadwalkan akan berlangsung bulan November 2017 mendatang. 

IPB mencari calon rektor yang setidaknya memenuhi tiga kualifikasi utama untuk memimpin IPB pada era "disruptive innovation" ini. Pertama, calon rektor yang visioner, memiliki visi kuat untuk memimpin perguruan tinggi para era teknologi, perubahan lingkungan strategi dan sumber daya alam yang semakin terbatas. 

Kualifikasi kedua, calon rektor yang memiliki rekam jejak yang memadai serta kemampuan manajerial yang baik untuk mengasilkan kinerja IPB sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. 

Selanjutnya, calon rektor yang memiliki jejaring nasional dan internasional untuk memimpin IPB, berkolaborasi dengan berbagai kampus berkelas nasional dan internasional.
Posting Komentar