Karawang .- PT Pupuk Kujang menyatakan stok pupuk untuk memenuhi kebutuhan musim tanam di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat aman hingga dua bulan ke depan.

Hasil gambar untuk pt pupuk kujang
Manager Humas PT Pupuk Kujang Ade Cahya di Karawang, Selasa mengatakan hingga saat ini stok pupuk untuk wilayah Karawang mencapai 6.023 ton pupuk urea, pupuk NPK sebanyak 1.743 ton dan 680 ton pupuk organik. 

"Kami perkirakan, kebutuhan ini dapat mencukupi untuk keperluan para petani di Karawang hingga dua bulan ke depan," kata dia. 

Sementara, stok pupuk keseluruhan di wilayah Jawa Barat-Banten, juga aman.

Stok pupuk saat ini untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Jabar-Banten mencapai 191 ribu ton pupuk urea. Di antaranya tersimpan di gudang pabrik sebanyak 91 ribu ton dan 100 ribu ton tersebar di gudang lini 3.

Kemudian untuk pupuk NPK 28 ribu yang berada di gudang pabrik sebanyak 16 ribu ton dan 12 ribu ton tersebar di lini 3 Jabar, sedangkan untuk pasokan pupuk organik mencapai 10 ribu ton tersebar di lini 3. 

"Secara umum stok tersebut lima kali lipat dibandingkan dengan ketentuan stok masing-masing jenis pupuk," kata dia. 

Ade mengimbau petani tidak perlu khawatir atas kelangkaan pupuk. Menurutnya kebutuhan pupuk untuk petani sudah diperhitungkan dan pengawasan pun akan ditingkatkan dalam pendistribusian pupuk.