Waktu untuk Pilkades dan Mutasi-Rotasi di Kabupaten Karawang Ternyata Belum Ada Hilalnya

0
Karawang-.Di Bulan Oktober sampai November mendatang ada segudang jabatan kosong di lingkungan Pemkab Karawang dan itu segera terisi manakala Bupati Karawang segera melakukan promosi,mutasi dan rotasi.(15/10).Lalu kapan segitu banyak jabatan tersebut akan terisi?.Lebih baik menunggu sampai ada kepastian walau kepastian itu belum tentu pasti pula karena hilal lebaran pun masih lama kawan.
Dan nanti pun di tahun 2018,akan banyak Kepala Desa habis dari jabatannya. Meskipun akan diganti para Penjabat Sementara (Pjs) lantaran Pelaksanaan Pilkades di mundurkan, para perangkat Desa akan jalan terus tanpa terpengaruhi Jabatan Kepala Desanya yang berhenti.

Staf Kasie Pemerintahan Kecamatan Lemahabang, Nawi mengatakan di Lemahabag, beberapa desa akan habis masa jabatan Kepala Desanya, yaitu Desa Pulokalapa,Pulojaya,Lemahmukti  Lemahabang dan Kedawung, 
Akan habis jabatannya.

Kemungkinan besar, Pilkades akan digelar 2019 - 2020, sehingga masa jabatan Pjs akan panjang. Namun, para perangkat desa tidak usah risau, karena meskipun masa jabatan kadesnya habis, tidak berarti perangkatnya ikut- ikutan berhenti, karena, para perangkat masih bisa terus bekerja sampai dengan terpilihnya Kepala Desa baru, artinya, selama masa kepemimpinan Pjs, Para perangkat desa masih menjabat, betapapun Pjsnya menjabat sampai 1,5 tahun sekalipun akibat Pilgub dan Pilpres." Kades berhenti ya diganti Pjs, tapi perangkat desa jalan terus dan bekerja seperti biasa, Katanya.

Lebih jauh Ia menambahkan,  meskipun santer bahwa Pilkades mundur hingga 2019, namun masih banyak Diantara nya masyatakanlt dan tokoh desa yang belum tahu, bahkan mencuri start sosialisasi dan mengklaim bahwa akan ada Pilkades digelar 2018 mendatang. Karenanya, kepada semua desa khususnya yang Kadesnya habis jabatan tahun depan, agar kiranya jaga kondusifitas dan pelayanan Pemerintahan Desa. " jika perangkat jamin gak akan ganggu pelayanan, Para kades dan masyarakatnya juga harus bisa menjaga kondusifitas pemerintahan dan keamanan," ungkapnya.

Lebih jauh mantan Sekdes Pulomulya ini menambahkan, paska berakhirnya masa jabatan Kades 2018 mendatang, pihaknya belum tahu arahan apakah sejenak dijabat dulu oleh Pelaksana Tugas (Plt) atau langsung Pjs.  Tapi baginya yang terpenting siapapun yang akan menjabat sebagai pengganti Kades sementara nanti, roda pemerintahan tidak terganggu dan tetap berjalan normal sepertj biasa. Jangan sampai, ada pihak- pihak yang memanfaatkan momen pergantian Kades ini ajang mencari peluang ditengah banjirnya dana bantuan, seperti oleh perangkatnya maupun PNS sekalipun yang membidik kursi Pjs."Setelah tuntas belum ada arahan apakah pjs dulu atau Plt dulu, mita masih tunggu arahan lebih lanjutnya, " Ungkapnya.
Pewarta: Ruri
Editor: Farida
Posting Komentar